Pordasi DKI-IPB: Kudanya Bagus, Prestasi Atlet Bisa Moncer

Mohammad Resha Pratama - Sport
Rabu, 18 Mei 2022 00:13 WIB
Akhir pekan ini diadakan Equestrian Solidarity Challenge Try Out IV. Ajang ini bertujuan untuk lebih mempopulerkan olahraga berkuda.
Ilustrasi olahraga berkuda (dok.Equinara Academy Polumas)
Jakarta -

Pengurus Olahraga Berkuda Indonesia (Pordasi) DKI Jakarta membuktikan keseriusannya dalam mengembangkan olahraga berkuda. Mereka pun bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor. Untuk apa?

Komitmen ini ditunjukkan oleh Ketum Pordasi DKI Aryo Djojohadikusumo yang melakukan kerjasama dengan IPB terkait penelitian trah kuda Indonesia. Seremoni penandatanganan dilakukan di Kantor Pordasi DKI, Pulomas, Jakarta, akhir pekan kemarin.

Ini jadi kali pertama Pordasi melakukannya. Aryo berharap program unggulan ini bisa membuat prestasi olahraga berkuda DKI moncer di level nasional dan juga internasional.

Tak cuma soal prestasi, kerjasama yang dijalin dengan IPB juga meliputi bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, penerapan inovasi serta kerja sama lainnya yang terkait dengan peternakan dan kesehatan kuda.

"Program unggulan itu adalah Study Genetika kuda pacu indonesia. Ini tentu akan menjadi pilot project penelitian menyangkut trah kuda asli Indonesia yang dapat bersaing dalam kegiatan olahraga berkuda, khususnya olahraga berkuda pacu dan berkuda memanah," kata Aryo dalam rilis kepada detikSport.

"Melalui kerjasama ini, kami berharap penelitian ini dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan dari kuda-kuda trah asli Indonesia agar kuda tersebut dapat dikembangkan menjadi kuda-kuda yang mampu bersaing dengan kuda-kuda impor. Sangat jelas tujuan kerja sama ini demi memajukan olahraga berkuda di Indonesia dan yang paling utama agar mampu meningkatkan prestasi atlet berkuda Indonesia," tambah Aryo.

Kerjasama ini jadi wujud janji Aryo sejak resmi memimpin Pordasi DKI November tahun lalu, menggantikan Almarhum Alex Asmasoebrata. Pemilik Jakarta Polo and Equestrian (JPEC) itu juga menjanjikan pengurus Porda DKI mendapat kantor baru untuk bekerja.

"Dengan kantor yang lebih nyaman, mudah-mudahan dapat membantu meningkatkan dan memaksimalkan kinerja semua pengurus Pordasi DKI Jakarta dalam memajukan olahraga berkuda di Jakarta dan Indonesia tentunya."

Pordasi DKI JakartaPordasi DKI Jakarta jalin kerjasama dengan IPB Foto: dok.Pordasi Jakarta



Penandatanganan kerjasama dengan IPB dilakukan berbarengan dengan syukuran kantor baru Pordasi DKI Jakarta di Gedung Tribune Jakarta International Park Pulomas, Pulo Gadung, Jakarta.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, Kadispora Achmad Firdaus, Wakil Walikota Jakarta Timur, Hendra Hidayat, dan juga perwakilan dari IPB.

Wagub Ahmad Riza Patria yang akrab disapa Ariza pun mengapresiasi usaha dan kerja keras Pordasi DKI menghadirkan program baru demi meningkatkan prestasi atlet nasional. Apalagi berkuda sampai saat ini masih dipandang sebagai olahraga mahal untuk sebagian besar masyarakat Indonesia.

"Manfaat berkuda itu memperlancar peredaran darah, menggerakkan 360 sendi, melatih insting, dan pengendalian diri. Kalau mau menjadi pemimpin itu salah satunya kuda sebagai media untuk pengendalian diri selain manfaat lainnya," kata Riza.

"Kita carikan solusi, agar bisa memasyarakatkan berkuda, sehingga masyarakat bisa berlatih untuk prestasi ataupun rekreasi kuda di sini."

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum PP Pordasi, Triwatty Marciano yang saat ini bersama kontingen SEA Games Indonesia di Hanoi, juga menitipkan sejumlah pesan yang disampaikan langsung oleh Ketua Harian PP Pordasi, Augustinus Iwan Liesaputra, yang juga Wakil Ketua II Pordasi DKI Jakarta.

"Selamat kepada Pordasi DKI yang sudah memiliki kantor baru, semoga bisa bekerja lebih amanah demi mencetak prestasi nasional dan internasional," papar Iwan.



Simak Video "Anies Berharap Olahraga Berkuda Diminati Warga Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/aff)