Usai Raih Emas dan Perak SEA Games, Fanani-Ihza Fokus ke Kejuaraan Asia

ADVERTISEMENT

Usai Raih Emas dan Perak SEA Games, Fanani-Ihza Fokus ke Kejuaraan Asia

Mercy Raya - Sport
Kamis, 19 Mei 2022 20:15 WIB
Tim Sepeda MTB Indonesia di SEA Games 2021
Pesepeda Zainal Fanani raih medali emas SEA Games 2021 (Mercy Raya/detikSport)
Tangerang -

Pebalap sepeda Zainal Fanani dan Ihza Muhammad tak ingin terlarut dalam euforia juara SEA Games 2021. Mereka langsung fokus ke Kejuaraan Asia.

Zainal Fanani dan Ihza Muhammad berhasil merebut emas dan perak pada nomor MTB-Cross Country Olympic (XCO) putra di Hoa Binh Gymnastics and Sports Center, 16 Mei lalu.

Zaenal Fanani jadi yang tercepat usai mencatatkan waktu 1 jam 16,41 menit. Rekannya, Ihza Muhammad finis di urutan kedua setelah melibas empat lap trek sejauh 5,2 KM (total 20,8 KM) dengan catatan waktu 1 jam 19,14 menit atau terpaut 2 menit 33 detik dari Fanani.

Keduanya pun membawa pulang medali emas dan perak dari Hanoi. Namun, Fanani dan Ihza tampaknya tak bisa berlama-lama menikmati kegembiraannya menjadi juara. Mereka sudah ditunggu kejuaraan lain dengan level lebih tinggi.

Pelatih balap sepeda Oki Raspati mengatakan atlet akan rehat sejenak setelah SEA Games ini. Setelah itu, mereka akan bersiap untuk menghadapi Kejuaraan Asia di Tajikistan yang dijadwalkan berlangsung Juli.

"Pelatnas akan tetap berlanjut untuk persiapan Kejuaraan Asia. Selain itu juga ada Asian Games 2022 (Hangzhou, China) dan SEA Games 2023 di Kamboja. Kami akan mempersiapkan diri lagi," kata Oki setibanya di Tanah Air dan mendapat sambutan hangat dari jajaran PB ISSI, Kemenpora, KOI, dan KONI di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Kamis (19/5/2022).

Menurut Oki, hal ini penting untuk menunjang prestasi atlet XCO Indonesia agar dapat terus meningkat. Salah satunya ya dengan memperbanyak mengikuti kompetisi di level Asia dan bahkan dunia.

"Karena kami ingin dan optimistis atlet Indonesia mampu berasing di tingkat yang lebih tinggi seperti Asian Games dan Olimpiade," sambungnya.

Tim Sepeda MTB Indonesia di SEA Games 2021Ihza Muhammad dari Tim Sepeda MTB Indonesia di SEA Games 2021 Foto: Mercy Raya/detikSport

Oki cukup yakin apalagi pelatnas juga digelar secara berkesinambungan. Hal itu pun jadi kunci sukses balap sepeda di SEA Games Vietnam. Terlebih, atlet juga mendapat perhatian lebih dengan adanya tim sports science, ahli gizi, masseur, dan tim pendukung lainnya.

"Kami jadi bisa maksimal dalam mempersiapkan diri. Kami ada alat untuk mengukur kemampuan dan power atlet. Selama pandemi, kita ketahui tidak ada kompetisi. Kami siasati dengan tes dan selalu berlatih," ujar Oki.

Pernyataan sang pelatih juga diamini Fanani dan Ihza. Mereka mengatakan dukungan PB ISSI sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan selama persiapan.

"Tidak ada masalah selama training camp (TC), karena tim support seperti fisik, ahli gizi, masseur, dan semua tim memberikan yang terbaik. Kami berterima kasih karena kami mendapat fasilitas yang bagus," papar Fanani.

(mcy/mrp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT