SEA Games 2021: Ayustina Meningkat, Melesat, Emas Balap Sepeda Didapat

Kris Fathoni W - Sport
Jumat, 20 Mei 2022 18:30 WIB
Indonesia kembali menambah pundi-pundi medali di SEA Games 2021. Dua medali emas diraih oleh lifter senior Eko Yuli Irawan dan pesepeda Ayustina Delia Priatna.
Atlet sepeda Indonesia Ayustina Delia Priatna, dengan medali emas SEA Games 2021. Foto: Antara Foto
Jakarta -

Raihan emas Ayustina Delia Priatna di SEA Games 2021 adalah peningkatan prestasi nyata buat si atlet balap sepeda. Dua kali ia sempat harus puas dengan perunggu.

Dalam lomba road nomor Individual Time Trial (ITT), atlet putri Indonesia Ayustina Delia Priatna berhasil melesat untuk menjadi yang tercepat dengan waktu 40 menit 08,445 detik. Kecepatan rata-ratanya 44,84 km/jam.

Itu bukan cuma menambah pundi-pundi emas Indonesia di SEA Games 2021. Itu juga membuat Ayustina Delia Priatna akhirnya meraih emas SEA Games, prestasi tertingginya di ajang itu, setelah pada dua edisi sebelumnya harus puas dengan raihan medali perunggu.

Indonesia kembali menambah pundi-pundi medali di SEA Games 2021. Dua medali emas diraih oleh lifter senior Eko Yuli Irawan dan pesepeda Ayustina Delia Priatna.Emas SEA Games 2021 menjadi prestasi terbaik Ayustina Delia Priatna di ajang tersebut. Foto: Antara Foto

"Alhamdulillah saya bisa mendapat medali emas. Sebenarnya tidak menyangka. Senang sekali karena hasil ini meningkat dari dua SEA Games sebelumnya yang meraih perunggu," kata Ayu usai lomba, dalam rilis Pengurus Besar Ikatan Sports Sepeda Indonesia (PB ISSI).

Pada SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia, Ayu harus puas dengan medali perunggu pada nomor road race putri di bawah Nguyen Thi That asal Vietnam yang meraih emas dan Jupha Somnet asal Malaysia yang finis di posisi kedua.

Kemudian pada SEA Games 2019 di Filipina, Ayu kembali meraih perunggu pada nomor road race putri kalah dari Nguyen Thi That yang kembali menjadi juara dan Jermyn Prado asal Filipina di urutan kedua.

Indonesia kembali menambah pundi-pundi medali di SEA Games 2021. Dua medali emas diraih oleh lifter senior Eko Yuli Irawan dan pesepeda Ayustina Delia Priatna.Setelah dapat perunggu di dua SEA Games sebelumnya, Ayustina Delia Priatna kini berhasil meraih emas. Foto: Antara Foto

"Sebenarnya saya pada SEA Games kali ini mewaspadai pesepeda Filipina (Jermyn Prado) dan Singapura (Luo Yiwei) yang sebelumnya meraih emas dan perak di nomor ITT di Filipina. Tapi bersyukur saya bisa berada di depan mereka," kata Ayu menambahkan.

Pencapaian Ayu tak lepas dari persiapan jelang SEA Games 2021. Sebelumnya PB ISSI, yang kini kepengurusannya di bawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo selaku ketua umum, sudah mengirim Ayu untuk mengikuti Asian Cycling Championship di Dushanbe, Tajikistan, pada 25-29 Maret lalu. Ia pulang dengan raihan medali perak.

Peningkatan prestasi Ayustina Delia Priatna berbanding lurus dengan pencapaian tim balap sepeda Indonesia yang sejauh ini sudah meraih 3 emas dan 3 perak di SEA Games 2021. Meningkat dibandingkan dua edisi SEA Games sebelum ini.

Pada SEA Games 2019, balap sepeda Indonesia meraih 1 emas, 4 perak, 2 perunggu. Sementara di SEA Games 2017, ada 2 emas, 2 perak, dan 2 perunggu dari hasil perjuangan para atlet balap sepeda Indonesia.

(krs/aff)