Atlet Esports Raih 6 Medali SEA Games 2021, Sandiaga: Membanggakan!

Mohammad Resha Pratama - Sport
Jumat, 03 Jun 2022 22:48 WIB
Sandiaga Uno
Sandiaga Uno puas dengan pencapaian tim Esports di SEA Games 2021 (dok.PB ESI)
Jakarta -

Ada enam medali dibawa pulang atlet-atlet Esports dari SEA Games 2021. Sandiaga Uno selaku Dewan Pembina PB Esports Indonesia (PB ESI) mengaku bangga.

SEA Games yang dihelat di Hanoi, Vietnam, baru saja tuntas dua pekan lalu. Indonesia finis ketiga dengan raihan 69 emas, 92 perak, dan 80 perunggu.

Total lebih dari 200 medali itu disumbangkan oleh 499 atlet di 32 cabang olahraga. Nah, enam medali disumbangkan oleh kontingen Esports dengan rincian dua emas melalui nomor pertandingan Free Fire dan PUBG Mobile kategori team.

Kemudian, tiga perak dari Free Fire, PUBG Mobile Solo dan Mobile Legends: Bang Bang serta satu perunggu dipersembahkan Timnas Cross Fire Indonesia.

Atas prestasi itu, PBESI memberikan bonus kepada atlet dan tim berupa uang. Total bonus yang diberikan PBESI kepada atlet esports berprestasi adalah sebesar Rp3,8 miliar. Rinciannya, Rp2,2 miliar untuk peraih medali emas, medali perak diganjar bonus Rp1,2 miliar, dan medali perunggu Rp335 juta.

Menariknya, bonus yang diberikan PBESI bukan sekadar uang. PBESI juga memberikan penghargaan dalam bentuk plakat untuk masing-masing atlet dan piala untuk tim, kemudian ada tiket umrah hingga tiket wisata.

Salah satu anggota dewan pembina adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Untuk itulah ada tiket wisata yang diberikan sebagai bonus, pertanda apresiasi tinggi dari PB ESI.

"Apresiasi setinggi-tingginya saya sampaikan kepada KONI, Kemenpora, tim badan timnas dan lainnya, serta seluruh atlet Esports," kata Sandiaga dalam rilis kepada detikSport.

Sandiaga mengakui bahwa raihan medali itu berkat kerjasama semua pihak. Dia pun mengucapkan terima kasih kepada Kepala Badan Timnas Esports karena kerja keras, sinergitas, dan semangatnya telah membawa atlet meraih medali.

Selain itu ada juga peran penting dari pelatih, seluruh tim, dan pengurus, mulai dari persiapan sampai pelatnas dan akhirnya kompetisi.

"Betul-betul menjadi suatu catatan yang sangat membanggakan bahwa Indonesia mendapatkan total perolehan medali dari cabor Esports menjadi suatu prestasi yang mengagumkan," sambungnya.

Sandi berkomitmen untuk terus mengembangkan Esports agar menjadi lebih baik dan dapat mengharumkan nama Indonesia di pentas Internasional.

"Harapannya para atlet Esports kita terus memacu prestasi dan kita meningkatkan pembinaan. Kita bangun ekosistem Esports kita," pungkasnya.

(mrp/bay)