Bamsoet Puji Capaian Atlet Menembak Perbakin di SEA Games Vietnam

Hanifa Widyas - Sport
Kamis, 16 Jun 2022 17:53 WIB
Atlet menembak Indonesia Fathur Gustafian kembali menorehkan tinta emas di SEA Games 2021 Vietnam. Kali ini, ia mengukirnya bersama Citra Dewi Resti di nomor mixed team air rifle.
Foto: Dok. NOC Indonesia
Jakarta -

Ketua MPR RI sekaligus Dewan Penasihat Persatuan Berburu dan Menembak Seluruh Indonesia (Perbakin) Bambang Soesatyo mengapresiasi keberhasilan atlet Perbakin karena telah mengharumkan nama bangsa. Atlet tersebut diketahui menjadi juara umum di ajang bergengsi SEA Games 31 yang diselenggarakan pada 12-23 Mei 2022 di Vietnam untuk cabang olahraga menembak.

"Dalam ajang SEA Games 31, Indonesia menempati peringkat 3 dengan perolehan medali mencapai 69 medali emas, 91 perak, dan 81 perunggu. Menembak menjadi cabang olahraga yang paling banyak menyumbang medali bagi Indonesia, dengan perolehan 8 emas, 6 perak, dan 2 perunggu. Jauh melampaui target 3 emas yang dicanangkan Perbakin. Sekaligus pertama kalinya tim menembak Indonesia menjadi tim terbaik sejak pesta Sea Games perdana di Kuala Lumpur 1977," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Kamis (16/6/22).

Ia juga mengapresiasi Ketua Umum Perbakin Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto yang senantiasa meningkatkan sarana dan prasarana penunjang latihan menembak bagi atlet. Peningkatan sarana dan prasarana tersebut, di antaranya perbaikan lapangan tembak Perbakin di Senayan hingga mengasah kemampuan para atlet dengan menyiapkan banyak turnamen.

"Di era kepemimpinan Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto, berbagai kebutuhan latihan menembak tersedia dengan baik. Sehingga pembinaan terus berkelanjutan setiap hari. Amunisi disediakan tanpa batas sehingga atlet bisa latihan dengan sungguh-sungguh, tidak perlu lagi ada latihan yang lebih banyak dalam bentuk menembak kering atau tanpa peluru," jelas Bamsoet.

Bamsoet menambahkan kejuaraan nasional dan internasional juga bisa lebih rutin diikuti oleh para atlet menembak. Mereka bisa mengikuti kejuaraan itu satu hingga dua kali per bulan. Hal ini jauh dari keadaan sebelumnya, yaitu atlet hanya bisa ikut satu atau dua kejuaraan dalam setahun.

"Diperkuat banyak atlet muda menembak serta didukung manajemen yang baik dari kepemimpinan Ketua Umum Perbakin Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto, target selanjutnya, menembak harus mampu prestasi di Olimpiade 2024 dan mengibarkan bendera Merah Putih dalam ajang prestisius tersebut," pungkas Bamsoet.

(akd/ega)