Ketua NPC ke Menpora: Indonesia Siap Juara Umum ASEAN Para Games 2022

Tim Detikcom - Sport
Senin, 20 Jun 2022 18:50 WIB
Menpora Zainudin Amali bertemu Ketua NPC Indonesia Senny Marbun di Solo, Minggu (19/6/2022)
Menpora Zainudin Amali bertemu Ketua NPC Indonesia Senny Marbun (dok.Kemenpora)
Solo -

Ketua Komite Paralimpik Indonesia (NPC) Senny Marbun berjanji kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali bahwa Indonesia bisa jadi juara umum ASEAN Para Games 2022.

Hal itu disampaikan Senny usai Rapat Koordinasi bersama Amali dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Ballroom Hotel Sunan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (19/6) malam WIB.

Indonesia terakhir kali jadi juara umum ASEAN Para Games pada 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia. Untuk tahun ini, ASEAN Para Games dihelat 23 Juli hingga 30 Juli di Solo.

"Karena kita tuan rumah, kita harus membawa nama baik Indonesia. Insyallah melihat persiapan para atlet sekarang, saya yakin kita bisa juara umum tanpa mendahului kehendak Allah SWT. Selain kita juga berkaca dari Asean Para Games 2017 di Malaysia, kita bisa menjadi juara umum dengan mengoleksi 126 emas," kata Senny dalam rilis kepada detikSport.

Senny juga menyampaikan terima kasih kepada Menpora Amali yang selama ini terus memberikan dukungan kepada atlet NPC Indonesia.

"Beliau ini menteri yang luar biasa, pak menteri selalu memberi dukungan kepada atlet dan kami untuk meningkatkan prestasi atlet disabilitas Indonesia," tambahnya.

Di kesempatan yang sama, Amali mengaku puas dengan persiapan para atlet NPC menghadapi ASEAN Para Games. Dia berharap Indonesia tak cuma sukses jadi tuan rumah, tapi juga secara prestasi.

Amali sendiri melihat persiapan atlet NPC Indonesia menghadapi ASEAN Para Games 2022 cukup baik. "Saya melihat persiapan atlet dalam kondisi baik, insyallah kita akan bisa mencapai sukses prestasi juga aebagai tuan rumah. Karena sejak awal saya minta kepada Ketua NPC Indonesia selain sukses penyelenggaraan juga harus sukses prestasi."

Sebab, Amali menilai ajang ini bisa jadi persiapan atlet menghadapi Asian Para Games 2023 di Hangzhou dan Paralimpiade 2024 di Paris.

"Saya harap ajang Asean Para Games ini nanti menjadi bekal persiapan para atlet menghadapi Asian Para Games 2023 Hangzhou dan Paralimpiade Paris 2024," harap Menpora Zainudin Amali.

Simak Video: Kementerian PUPR Survei Sejumlah Venue Jelang ASEAN Para Games

[Gambas:Video 20detik]



(mrp/aff)