ADVERTISEMENT

MXGP Digelar di Sirkuit Samota, Bamsoet: Paling Indah, Track Menantang

Angga Laraspati - Sport
Minggu, 26 Jun 2022 16:23 WIB
Bamsoet di Sirkuit Samota
Foto: IMI
Jakarta -

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengapresiasi pelaksanaan kejuaraan dunia otomotif MXGP Indonesia di Sumbawa, NTB. Mengambil tempat di Rocket Motor Circuit MXGP Samota, gelaran itu diikuti 19 pembalap MXGP dan 13 pembalap MX2 dari 15 negara.

Seperti diketahui, pagelaran MXGP di Indonesia menandai kembalinya tradisi yang sudah dimulai sejak tahun 1995 melalui pagelaran MXGP di Yogyakarta dan terakhir di Palembang dan Semarang pada tahun 2019.

Bamsoet mengatakan setelah lebih dari dua tahun pandemi COVID-19 menggerus berbagai aspek kehidupan kita, termasuk berdampak pada dunia olahraga otomotif, maka event MXGP Samota ini menjadi titik balik, dan menjadi 'penghapus dahaga' bagi seluruh pecinta olahraga motocross di Tanah Air.

"Seri ke-12 MXGP di Samota menjadi momentum untuk membangun dan melanjutkan kembali tradisi pagelaran MXGP di Indonesia pada tahun-tahun berikutnya," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Minggu (26/6/2022).

Saat opening ceremony gelaran tersebut, Ketua MPR RI ini menilai pemilihan Samota sebagai tempat digelarnya ajang MXGP adalah sebuah keputusan tepat. Roket Motor Circuit Samota menghadirkan sirkuit dengan track sepanjang 1,8 kilometer dengan 18 tikungan dan 11 tantangan.

"Sirkuit Rocket Motor Samota juga menyajikan kontur berbukit dengan pesona landscape yang sangat indah. Menjadikan sebagai salah satu sirkuit motocross terbaik di dunia. Karena sirkuit Samota ini paling indah, dan memiliki track menantang yang akan menyenangkan para pembalap," kata Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menambahkan Samota merupakan kawasan segitiga eksotis yang meliputi tiga kawasan wisata mempesona di antaranya, Teluk Saleh yang dikenal sebagai 'akuarium raksasa' karena memiliki keindahan dan kekayaan biota laut, Pulau Moyo dengan keindahan air terjun 'Mata Jitu', dan Gunung Tambora dengan keindahan padang savana dan kaldera.

"Karenanya, kepada para pebalap dari 15 negara dan kepada seluruh pecinta MXGP yang hadir di Samota, saya berpesan usai penyelenggaraan MXGP, jangan buru-buru berkemas. Silahkan jelajahi dan nikmati pesona wisata eksotis khas Pulau Sumbawa, dan dapatkan pengalaman yang tidak akan pernah diperoleh di sirkuit MXGP manapun," tutur Bamsoet.



Simak Video "Rantis-Brimob Bersiaga di DPR Jelang Aksi Demo Mahasiswa-Buruh"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT