ADVERTISEMENT

Lagi, Kiromal Katibin Pecahkan Rekor Dunia Panjat Tebing!

Mohammad Resha Pratama - Sport
Selasa, 05 Jul 2022 14:10 WIB
Kiromal Katibin
Kiromal Katibin pecahkan rekor dunia speed putra (dok.FPTI)
Villars -

Atlet panjat tebing Indonesia Kiromal Katibin belum berhenti memecahkan rekor demi rekor. Pekan lalu, dia baru saja melewati rekornya sendiri!

Kiromal mengikuti ajang IFSC World Cup 2022 (Piala Dunia Panjat Tebing) di Villars, Swiss pekan lalu. Kiromal memecahkan rekor tercepat dunia di nomor speed putra, Kamis (30/6/2022) waktu setempat.

Hebatnya, Kiromal tak cuma sekali tapi dua kali memecahkan rekornya sendiri. Pertama di sesi kualifikasi, dia membukukan waktu 5,09 detik. Lalu di kualifikasi kedua, atlet binaan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) ini kembali mempertajam rekornya dengan catatan waktu 5,04 detik.

Hal ini menambah panjang daftar rekor dunia yang dipecahkannya, setelah dia melakukannya Salt Lake City, Amerika Serikat, Mei lalu dengan waktu 5,14 detik.

Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Yenny Wahid berterima kasih dan bangga terhadap capaian yang diraih atlet Indonesia. Menurut Yenny, pencapaian Kiromal Katibin merupakan bukti bahwa atlet panjat tebing Indonesia bisa berprestasi di kancah internasional.

"Dari raihan tersebut, kami (FPTI) yakin atlet Indonesia bisa berbuat banyak dan mengaharumkan nama bangsa di kancah dunia," ujar Yenny dalam rilis kepada detikSport.

Kiromal tidak sendiri tampil di ajang itu dan melaju ke final. Sebab dia juga ditemani kompatriotnya yaitu Leonardo Veddriq, Muhammad Fajri Alfian, Rahmad Adi Mulyono dan Zanal Aripin.

Sayangnya, Kiromal tidak bisa melanjutkan catatan apiknya di babak final karena terjatuh saat sedang memanjat dan cuma finis kelima. Sementara rekannya Leonardo finis keempat juga karena persoalan serupa.

Untuk pemenang di nomor speed putra adalah atlet China Jiangu Long disusul Peng Wu dan Jinbao Long.

Sementarara di nomor speed putri, Made Desak Rita Kusuma Dewi cuma finis ketiga karena kalah dari dua atlet China, Lijuan Deng dan Di Niu. Rajiah Salsabillah finis kelima, dan Nuruq Iqamah di posisi ke-13.

Kiromal Katibin dkk. akan tampil lagi di Chamonix, Prancis, 8-10 Juli, dalam lanjutan Piala Dunia Panjat Tebing 2022.

(mrp/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT