ADVERTISEMENT

Lowongan Volunter ASEAN Para Games Solo 2022 Mulai Dibuka Hari Ini

Mercy Raya - Sport
Kamis, 07 Jul 2022 18:50 WIB
Para Atlet Indonesia Evi Karisma melakukan lompatan dalam pertadingan lompat jauh Asian Paragames 2018 di Stadion GBK, Senayan, Jakarta, Selasa (9/10/2018). Evi meraih medali perunggu dalam lompat jauh kategori T42-44/61-64 dengan lompatan sejuah 4.03 meter, medali emas diperoleh para atlet Jepang Maya Nakanishi dengan lompatan 5.44 m sedangkan medali perak diraih para atlet Jepang Saki Takakuwa dengan lompatan 4.85 m.
ASEAN Paragames mencari volunter. (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Panitia Penyelenggara ASEAN Para Games 2022 (INASPOC) membuka lowongan volunteer guna mendukung kelancaran acara pelaksanaan multiajang olahraga khusus atlet penyandang disabilitas akhir Juli ini.

Hal itu seperti tertulis dalam laman resmi Kemenpora, yang menyebut bahwa pendaftaran bagi sukarelawan sudah dibuka mulai Kamis (7/7) pukul 00.00 WIB hingga Minggu (10/7/2022).

"Kenapa empat hari karena harus ada perekrutan, seleksi, dan pelatihan-pelatihan umum, cabor, perbidang. Jadi deadlinenya seperti itu. Nanti setelah dinyatakan lolos akan ada pelatihannya nanti sekitar 3 sampai 4 kali hingga jelang multievent digelar," kata Sekretaris Panitia Pelaksana ASEAN Para Games Rima Ferdianto kepada detikSport, Kamis (7/7).

Rima menyebutkan total volunter yang dibutuhkan sekitar 1.080 orang untuk membantu pelaksanaan ASEAN Para Games ke-11 yang dimulai 30 Juli hingga 6 Agustus di empat kota (Kota Solo, Semarang, Kab. Sukoharjo, dan Kab. Karanganyar).

"Sekitar itu (jumlah 1.080) untuk volunter. Mereka nanti akan diperbantukan dalam bidang marketing, transportasi, protokoler, dan banyak bidang lain yang memang dibutuhkan," ujarnya.

Masyarakat yang ingin bergabung bisa mendaftarkan diri ke laman ini lalu pilih section volunteer atau langsung kunjungi link ini dan mengunggah berbagai dokumen persyaratan (soft file) terdiri dari KTP, Kartu Keluarga, sertifikat vaksin COVID-19 (minimal ke-2), SKCK, pas foto, foto full badan, kartu asuransi/BPJS (jika ada), NPWP (jika ada), ijazah pendidikan.

Berikut syarat untuk menjadi sukarelawan:

  1. Kemampuan berbahasa Inggris (aktif dan pasif)
  2. Memiliki semangat tinggi dan bersedia menjaga perilaku sepanjang pre-event hingga main event.
  3. Mampu bekerja gesit baik secara individu maupun secara tim.
  4. Mampu berkomunikasi lancar dengan banyak pihak.
  5. Diutamakan berpengalaman sebagai voulenteer pada ajang single maupun multievent tingkat nasional dan internasional.
  6. Persyaratan khusus lainnya sesuai dengan divisi penempatan.
  7. Diutamakan berdomisili di Solo dan sekitarnya.
(mcy/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT