ADVERTISEMENT

Komisi X Puji Kemenpora yang Raih Hattrick WTP dari BPK

Tim Detikcom - Sport
Minggu, 17 Jul 2022 00:46 WIB
Menpora Zainudin Amali
Menpora Zainudin Amali dipuji Komisi X DPR karena meraih hattrick WTP (Dok. Unesa)
Jakarta -

Kementerian Pemuda dan Olahraga pimpinan Zainudin Amali kembali meraih penilaian bagus dari Badan Pemeriksa Keuangan. Hattrick Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) itu mengundang pujian Komisi X DPR RI.

Setelah Amali menjabat Menteri Pemuda dan Olahraga pada Kabinet Kerja Jilid II Oktober 2019, Kemenpora jadi salah satu kementerian yang mendapat perhatian khusus dari Presiden Joko Widodo.

Prestasi para atlet lantas jadi bukti kerja Amali di dalam lapangan, meskipun masih juga ada kekurangan di sana-sini. Tapi, soal kinerja di luar lapangan, terkhusus menyoal administrasi Kemenpora, Amali jempolan.

Sebab untuk tiga tahun beruntun, Kemenpora mendapat predikat WTP dari BPK mulai dari 2019 hingga 2021. Itu artinya keuangan Kemenpora terbilang baik dan penyalurannya tepat sasaran.

Komisi X yang mengurusi keolahragaan di parlemen turut memberikan pujian atas kinerja Amali tersebut. Menurut Komisi X, Amali sudah berhasil melakukan penataan dan perbaikan tata kelola birokrasi.

Apalagi sebelum era Amali, Kemenpora selalu meraih opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP), bahkan pernah meraih predikat Tidak Memberikan Pendapat (TMP) atau disclaimer.

"Sebagai mitra Kemenpora di Komisi X DPR, saya melihat pak Menpora Zainudin Amali berhasil melakukan perbaikan tata kelola birokrasi di internal. Karena sejak pak menteri memimpin Kemenpora hasil WTP ini baru mulai diraih Kemenpora," ujar Anggota Komisi X Elnino M. Husein Mohi dalam rilis kepada detikSport.

"Itu menunjukkan kepemimpinan pak menteri ini bagus, laporan keuangan Kemenpora bagus, transparan, dan akuntabel. Sebab, tidak mungkin hasilnya WTP kalau administrasinya tidak dilakukan dengan baik," sambungnya.

Lebih lanjut, Amali disebut sudah bisa menjawab keraguan publik saat Jokowi menunjuk dirinya sebagai Menpora tiga tahun lalu. Sebab, Amali tidak punya latar belakang olahraga karena berkarier sebagai politisi.

Diharapkan Amali bisa mempertahankan kinerjanya ke depan agar bisa berimplikasi terhadap prestasi olahraga dan juga pengembangan kepemudaan di Indonesia.

"Kepemimpinan Amali ini juga menunjukkan bahwa seorang politisi parpol bisa melakukan hal-hal keren dan prestasinya bisa lebih baik ketika diberi kewenangan," paparnya.

"Internal Kemenpora sudah bagus, prestasi olahraga di bawah pak Menpora Amali juga sudah bagus, dan program-program kepemudaan juga menurut saya sudah baik. Ke depan saya harap dengan tata kelola yang sudah bagus ini dapat terus dipertahankan, sehingga prestasi olahraga dan kepemudaan Indonesia makin baik," tutup Elnino.

(mrp/ran)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT