ADVERTISEMENT

Asian Games Hangzhou Dimulai 23 September 2023

Mercy Raya - Sport
Rabu, 20 Jul 2022 13:15 WIB
Southeast Asian Games - Athletics - My Dinh National Stadium, Hanoi, Vietnam - May 16, 2022
Vietnams Dinh Thi Bich receives medical attention after sustaining an injury during the Womens 800m Final REUTERS/Navesh Chitrakar
Ilustrasi perlombaan di Asian Games. (Foto: REUTERS/NAVESH CHITRAKAR)
Jakarta -

Jadwal pelaksanaan Asian Games 2023 di Hangzhou akhirnya diputuskan. Olympic Council of Asia (OCA) mengumumkan multiajang olahraga negara-negara Asia itu dimulai 23 September.

Pengumuman itu disampaikan OCA dalam laman resmi mereka. Disampaikan bawah Dewan Olimpiade Asia menginformasikan tanggal baru untuk Asian Games ke-19 yang dilaksanakan di Hangzhou China akan digelar hingga 8 Oktober 2023.

Asian Games pada awalnya direncanakan berlangsung 10 hingga 25 September tahun ini. Namun, karena pandemi COVID-19, Dewan Eksekutif OCA memutuskan menunda multievent empat tahunan itu pada 6 Mei lalu.

Sehubungan itu, mereka juga membentuk gugus tugas yang bertugas untuk menentukan tanggal baru. Sejak dibentuk, gugus tugas pun melakukan tugasnya selama dua bulan terakhir dengan melakukan rapat koordinasi utamanya dengan tuan rumah, China.

Mereka berdiskusi dengan Komite Olimpiade China, Komite Penyelenggara Asian Games Hangzhou (HAGOC) dan pemangku kepentingan lainnya untuk mencari waktu yang pas agar tidak berbenturan dengan kalender olahraga lainnya.

Seperti diketahui, tahun depan selain Asian Games akan ada SEA Games 2023 di Kamboja, 5-16 Mei, dan World Beach Games 5-12 Agustus di Bali.

Alhasil, diputuskan lah Asian Games digelar mulai 23 September - 8 Oktober. Dalam laman tersebut juga disampaikan bahwa tanggal yang direkomendasikan gugus tugas telah mendapat persetujuan oleh Dewan Eksekutif OCA.

"OCA berterima kasih kepada HAGOC, Komite Olimpiade China, serta pemerintah di semua tingjatan atas kerja kerasnya dalam mempersiapkan ajang ini selama pandemu. Serta memastikan multievent ini dapat berlangsung tahun depan," begitu bunyi pernyataan OCA seperti dikutip detikSport dari ocasia.org

"OCA juga ingin menyampaikan apresiasi atas kesabaran yang ditunjukkan National Olympic Committee (NOC), dan federasi internasional/federasi Asia, serta pemangku kepentingan lainnya."

OCA pun berharap Asian Games yang akan dilaksanakan di Hangzhou pada tahun depan dapat menyajikan acara olahraga terbaiknya pada September mendatang.

(mcy/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT