ADVERTISEMENT

Rizki Juniansyah Rebut Tiga Emas di Angkat Besi Asia Junior 2022

Mercy Raya - Sport
Sabtu, 23 Jul 2022 02:30 WIB
Rizki Juniansyah
Foto: dok. PB PABSI
Jakarta -

Lifter Indonesia Rizki Juniansyah merebut tiga medali emas di Kejuaraan Asia Angkat Besi Remaja dan Junior 2022 di Tashkent, Uzbekistan. Di ajang tersebut, ia juga turut mempertajam rekor dunianya pada angkatan snatch.

Rizki tampil di kelas 73 kg putra junior pada Kamis (21/7) waktu setempat. Ia mencatatkan angkatan total 339 kg, yang terdiri dari 157 kg angkatan snatch dan 182 kg angkatan clean and jerk.

Hasil itu pun membuat dia berhak atas tiga emas Kejuaraan Asia. Kian istimewa karena Rizki juga berhasil mempertajam rekor dunia junior atas namanya sendiri, khususnya pada angkatan snatch.

Rekor Rizki sebelumnya tersaji di Kejuaraan Dunia Junior pada Mei 2022. Saat itu, peraih medali perak SEA Games 2021 itu membukukan angkatan 156 kg. Sementara, di Kejuaraan Asia ini, ia berhasil mempertajamnya dengan menaikkan 1kg menjadi 157 kg dan menjadi rekor dunia baru di level junior di kelas 73 kg.

Medali perak untuk kelas ini diraih lifter Kazakhstan, Alexey Churkin dengan Angkatan snatch seberat 145kg, clean and jerk seberat 180kg, dan total angkatan seberat 325kg. Sedangkan medali perunggu jatuh kepada lifter Vietnam, Bui Ky Su dengan snatch(140kg), clean & jerk(181kg), dan total angkatan (321kg).

Keberhasilan Rizki Juniansyah diapresiasi oleh Kepala bidang Pembinaan Prestasi PB PABSI, Hadi Wihardja, yang menilai lifternya memiliki banyak kemajuan selama menjalani Pelatnas jangka panjang di Kwini.

"Step by Step Rizki Juniansyah mampu mempertajam rekor dunia junior. Saya berharap berikutnya ia juga mampu memecahkan rekor untuk clean and jerk dan total angkatan," kata Hadi saat dikonfirmasi Jumat (22/7/2022).

Senada juga diungkapkan, Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman menyampaikan selamat dan apresiasi.

"Selaku Ketua Umum KONI Pusat, saya menyampaikan selamat kepada Rizki Juniansyah yang berhasil membuat Indonesia bangga melalui prestasinya, menjadi juara sekaligus pecahkan kembali rekor dunia junior pada angkat besi kelas 73 kg putra Asian Youth & Junior Weightlifting Championship 2022. Saya juga sampaikan selamat kepada atlet lainnya yang telah berjuang dan meraih prestasi gemilang," katanya.

Prestasi gemilang juga diraih lifter putri Sarah yang tampil di kelas 59kg putri kategori remaja dengan meraih tiga emas dari angkatan snatch seberat 88kg, clean and jerk seberat 107kg, serta total angkatan seberat 195kg.

Lifter asal Jawa Barat itu berhasil menyingkirkan lawan terberatnya, lifter Kazakhstan, Alina Koliushko yang harus puas meraih perak dengan snatch seberat 77kg, clean and jerk seberat 96kg, dan total angkatan seberat 173kg.

Sedangkan peringkat ketiga ditempati lifter Turkmenistan, Gulalek Kakamyradova, dengan snatch (77kg), clean & jerk(93kg), serta total angkatan (170kg).



Simak Video "Guru-Siswa SMAN di Pacitan Sujud Syukur Rayakan Luluk Juara Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/ran)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT