ADVERTISEMENT

Pengprov Wushu Sumut Gelar 1 st Indonesia Taijiquan Championships 2022

Randy Prasatya - Sport
Kamis, 28 Jul 2022 23:40 WIB
Wushu Indonesia
Foto: dok. Wushu
Jakarta -

Pengurus Provinsi Persatuan Wushu Indonesia Sumatera Utara (Pengprov WI Sumut) mengagendakan menggelar 1 st Indonesia Taijiquan Championships 2022 Master Supandi Kusuma Cup pada 22-28 Oktober di GOR Mini Futsal Dispora Sumut.

Ketua Umum Pengprov WI Sumut Darsen Song kepada wartawan di Medan, Kamis (28/7/2022) menjelaskan, pelaksanaan 1 st Indonesia Taijiquan Championships 2022 memperebutkan Piala Master Supandi Kusuma memang menjadi salah satu program kerja pihaknya.

Event ini, kata Darsen yang didampingi Ketua Panitia Harianto, berbeda dengan pelaksanaan kejuaraan atau event turnamen wushu yang selama ini digelar, karena khusus memperlombakan nomor Taiji, yang merupakan salah satu aliran dalam wushu.

"Ini merupakan event wushu taiji pertama yang digelar di Tanah Air," kata Darsen.

Pelaksanaan kejuaraan ini, jelas Darsen bersifat nasional. Artinya, peserta tidak hanya dari Sumut tapi diharapkan diikuti peserta dari berbagai provinsi.

"Kejuaraan ini selain untuk lebih memperkenalkan taiji kepada masyarakat, juga sebagai wadah pecinta taiji di tanah air berkompetisi."

Pihaknya, kata Darsen, terpanggil menggelar event ini, karena taiji yang boleh disebut sebagai rohnya wushu, sesungguhnya bagian yang tidak dapat terpisahkan dari wushu Sumut.

Hal ini karena pediri wushu Sumut yang juga salah satu pionir berdirinya Wushu di tanah air, yakni Master Supandi Kusuma. adalah sosok yang tidak dapat dipisahkan dari wushu.

Master Supandi adalah putra asal Sumut yang totalitas berdarah taiji. Ia juga merupakan insan wushu yang paripurna, karena dirinya pernah menjadi atlet, wasit, pelatih taiji hingga membina wushu secara keseluruhan. Dia juga adalah penyandang gelar DAN VIII Wushu Internasional Master Supandi Kusuma jugalah sosok yang berhasil melahirkan jago-jago taiji nasional asal Sumut seperti Zainab, Dwi Arimbi, Lindswell, Fredy Wijaya dan Nicholas.

Totalitas Master Supandi Kusuma di wushu (taiji) itu pulalah yang membuat PB WI pimpinan Airlangga Hartarto menobatkan beliau sebagai Bapak Taiji Indonesia.

"Titel event ini Master Supandi Kusuma Cup, juga adalah wujud apresiasi terhadap beliau atas jasa dan pengabdiannya membina wushu secara umum, khususnya taiji."

"Kami sudah bertemu dengan Master Supandi Kusuma menyampaikan maksud dan tujuan mengelar event ini. Kami bersyukur, beliau sangat men-support dan mendukung. Ia berpesan, semangat wushu (taiji) tidak boleh padam, tapi harus terus dikobarkan," tambah Darsen.

Ketua Panpel Harianto menambahkan, pihaknya kini terus melakukan persiapan demi sukses dan lancarnya pelaksanaan event ini.
Dijelaskan, panitia bersama Pengprov WI Sumut, melalui PB WI juga sudah mengedarkan undangan serta memberi informasi ke seluruh Pengprov.

Pengprov WI se-Indonesia tentang rencana pelaksanaan kejuaraan ini. Kejuaraan ini mempertandingkan wushu modern dan tradisional dengan berbagai jurus lomba dan kategori usia peserta putra dan putri (mulai usia di bawah 15 tahun hingga kelompok veteran).

Bagi para pecinta taiji yang ingin ambil bagian, dapat mendaftarkan diri ke email indotaiji2022@gmail.com atau langsung ke Sekretariat Panitia Yayasan Kusuma Wushu Indonesia Jalan Wushu Medan via Linda atau Young.



Simak Video "Berlatih Wushu Bersama Murid Beladiri Terlatih di Kota Medan Sumatera Utara"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/mrp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT