ADVERTISEMENT

ASEAN Para Games 2022: Sepakbola CP Indonesia Raih Kemenangan Pertama

Mercy Raya - Sport
Minggu, 31 Jul 2022 16:55 WIB
Pemain Timnas Indonesia 11th ASEAN Para Games 2022 CP Football Muhamad Iksan Tabrani (tengahi) berusaha membobol gawang Thailand di Stadion UNS, Solo, Minggu (31/7). Timnas Indonesia menang dengan skor 3-2. INASPOC/ Yoma Times Suryadi/Ali
Foto: (INASPOC)
Jakarta -

Tim sepakbola celebral palsy Indonesia meraih kemenangan pertamanya di ASEAN Para Games 2022 usai mengalahkan Thailand dengan skor 3-2.

Skuad tuan rumah mengalahkan musuh bebuyutannya, Thailand, pada laga perdana sepak bola CP di Stadion UNS Surakarta kampus Kentingan, Minggu (31/7/2022).

Yahya Hernanda dkk memetik poin penuh setelah menundukkan tim Negeri Gajah Putih, 3-2 pada laga dengan sistem 7 a side football dalam laga 2 x 30 menit itu.

Dua dari tiga gol Indonesia dicetak M Iksan Tabrani menit ke-13 dan 43. Satu gol lainnya diceploskan Yahya Muhaimi menit-39.

Sedangkan gol balasan Thailand dibukukan pemain pengganti Sukhitkun Bunsing menit ke-45 dan Phonpipat Nampaksa menit ke- 56.

Kemenangan ini tak hanya menjadi yang perdana bagi tim sepakbola Merah-Putih di ASEAN Para Games 2022, tapi sekaligus mengulang kesuksesan sebelumnya. Indonesia mengalahkan Thailand pada partai final ASEAN Para Games 2017 dengan skor 3-0.

Pelatih Timnas Sepak Bola CP Indonesia Anshar Ahmad, didampingi kapten tim Yahya Hernanda mengatakan meski menang lawan Thailand, ia belum sepenuhnya puas dengan performa timnya.

'"Anak-anak bermain kurang tenang pada pertandingan perdana. Mestinya, kami bisa cetak gol lebih banyak, jika mereka main lepas seperti saat latihan,'" kata Anshar Ahmad, dalam keterangan tertulisnya.

Selain itu, Anshar juga menilai perubahan komposisi pemainnya imbas perubahan klasifikasi disabilitas beberapa pemain turut memengaruhi penampilan skuadnya. "Makanya kami membuat strategi baru," ujarnya.

Sementara itu, pelatih Thailand Bannawat Posrioun menyalahkan jadwal pertandingan yang dimulai pukul 07.30 WIB, sehingga membuat timnya kesulitan berimprovisasi. Selain mereka belum pernah mencoba lapangan yang digunakan bertanding.

"Permainan Indonesia lebih bagus dibanding APG 2017 lalu. Pemain-pemain mereka kuat dan teknik bermainnya juga meningkat," kata Bannawat.

Pemain Timnas Indonesia 11th ASEAN Para Games 2022 CP Football Muhamad Iksan Tabrani (tengahi) berusaha membobol gawang Thailand di Stadion UNS, Solo, Minggu (31/7). Timnas Indonesia menang dengan skor 3-2. INASPOC/ Yoma Times Suryadi/Ali (INASPOC)

Pada ASEAN Para Games 2022, khusus cabang sepak bola CP, ada empat tim yang akan bertanding untuk memburu gelar juara. Selain tuan rumah Indonesia dan Thailand, tim lain yang akan berkompetisi di cabang tersebut adalah Myanmar dan Kamboja.

(mcy/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT