ADVERTISEMENT

ASEAN Para Games 2022: Elvin Ubah Air Mata Ketakutan Jadi Emas

Mercy Raya - Sport
Rabu, 03 Agu 2022 18:24 WIB
Elvin Elhudia, atlet penyumbang medali emas Indonesia di ASEAN Para Games 2022
Elvin Elhudia, salah satu penyumbang medali emas buat Indonesia di ASEAN Para Games 2022. Foto: Dok. INASPOC
Jakarta -

Atlet para atletik Elvin Elhudia sukses merebut medali emas di ASEAN Para Games 2022, walaupun sebelum lomba sempat menangis karena diselimuti rasa takut gagal.

Berlomba di nomor 400 meter putri T20 (kelemahan intelektual) pada Rabu (3/8/2022), Elvin membukukan catatan waktu 1 menit 0,530 detik. Ia menjadi yangbtercepat sekaligus mengalahkan kompatriotnya, Tiwa, yang finis di posisi kedua.

Tiwa menghasilkan waktu 1 menit 3,220 detik dalam lomba ASEAN Para Games 2022 itu. Sementara, pelari Thailand MS Orawan menjadi yang tercepat ketiga dengan catatan waktu 1 menit 04,680 detik.

Pencapaian itu pun sempat membuat Elvin terkejut. Sebab, sebelum lomba ia sempat khawatir sampai-sampai membuat tangisnya pecah di tenda. Ia takut cuma dapat perunggu karena daftar lawan yang dinilainya sangat kuat.

"Jadi semalam saya pikirannya paling hanya dapat perunggu. Itu yang jadi pikiran dan buat takut. Makanya tadi sempat nangis di tenda sebelum tanding," kata Elvin dalam laman apg2022.com

"Pelatih lalu bilang, enggak usah menangis, yang penting berusaha maksimal pasti bisa. Karena itu, saat masuk lintasan saya teriak-teriak terus."

Momen ketika semangat Elvin berkobar lagi

Hasilnya, Elvin mampu berlari dengan maksimal. Bahkan, motivasinya meningkat saat pada 200 meter terakhir.

Teriakan dukungan pelatih, sahabat, keluarga, dan pengurus National Paralympic Committee (NPC) dari Ambon di area tribune membuatnya lebih bersemangat untuk menjadi yang pertama finis.

"Rasanya sangat lelah. Belum lagi cuacanya panas hingga tenaga radanya sudah terkuras saat lari. Rasanya itu, sudah enggak bisa melangkah lagi. Tapi saat mendengar teriakan, semangat itu kembali," Elvin mengungkapkan.

"Rasanya ingin membanggakan semua orang yang sudah mendukung saya. Jadi saya putuskan harus semangat lagi karena ingin mengibarkan bendera Merah-Putih," ucap pelari kelahiran 6 September 1996 tersebut.

Meskipun sukses meraih emas ASEAN Para Games 2022, Elvin mengaku belum puas dengan catatan waktunya. Ia awalnya mematok target 59 detik.

"Secara waktu masih belum puas karena tadi saat lari lalu finis, saat lihat kenap enggak naik-naik waktunya? Tapi apapun itu saya tetap bersyukur karena biasanya di latihan waktunya 60 sampai 62 detik biasanya," ucapnya.

Elvin masuh akan turun di satu nomor lainnya, yaitu 800 meter putri. Ia yakin bisa meraih medali yang sama di nomor spesialisnya tersebut.

(mcy/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT