ADVERTISEMENT

Indonesia Sukses Gelar ASEAN Para Games, Komisi X Puji Menpora

Tim Detikcom - Sport
Rabu, 10 Agu 2022 02:00 WIB
Menpora Zainudin Amali (kanan) menyaksikan penyerahan medali emas yang diberikan kepada Pejudo Tunanetra Indonesia Balgis Mega Maghfira (kiri) saat upacara penyerahan medali pada pertandingan Judo tunanetra putri individu kelas +57Kg J1-J2 ASEAN Para Games 2022 di Tirtonadi Convention Hall, Solo, Jawa Tengah, Rabu (3/8/2022).Balgis berhasil meraih medali emas usai mengalahkan ketiga lawannya. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/YU
Menpora Zainduin Amali saat pengalungan medali ASEAN Para Games 2022 (Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)
Jakarta -

Indonesia tak cuma sukses menggelar ASEAN Para Games 2022, tapi juga jadi juara umum. Prestasi ini membuat Komisi X DPR RI senang.

Indonesia sukses menuntaskan ASEAN Para Games sebagai juara umum dengan 175 emas, 144 perak, dan 106 perunggu. Ini merupakan pengulangan prestasi lima tahun lalu saat berlaga di Malaysia.

Keberhasilan Indonesia ini juga tak lepas dari dukungan pemerintah dan INAPGOC yang bekerja ekstra keras dalam waktu singkat menggelar pesta olahraga ini. Sebab, Indonesia jadi tuan rumah karena mengambil jatah Vietnam yang mundur tahun lalu.

Meski mepet, Indonesia mendapat sanjungan dari negara-negara peserta karena sukses memberikan jamuan terbaik sedari 30 Juli hingga 6 Agustus kemarin. Hal ini membuat Komisi X DPR yang menaungi bidang keolahragaan merasa puas.

"Sangat bangga dengan para atlet disabilitas Indonesia yang konsisten mencetak prestasi. Yang terbaru, Indonesia berhasil menorehkan 425 medali dalam Asean Para Games 2022," kata Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (9/8).

"Semangat dalam keterbatasan, baik kondisi para atlet maupun penyelenggaraan Asean Para Games, hendaknya menjadi inspirasi kita semua, khususnya di dunia olahraga," kata politisi Partai Golkar ini.

Menurut Hetifah, torehan prestasi ini sudah sejalan dengan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 dan Undang-Undang Keolahragaan. Alhasil, dia makin optimistis bahwa target-target untuk mencapai prestasi lainnya bisa terpenuhi.

"Dengan prestasi ini, saya optimis target prestasi olahraga Indonesia yang tertuang dalam Desain Besar Olahraga Nasional dapat kita lampaui bersama dalam waktu dekat."

Hetifah menyebutkan juga memuij peran Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dalam menyukseskan acara ini, yang bekerjasama lintas Kementerian Pusat, Pemerintah Daerah, dan stakeholder olahraga terkait.

"Faktor yang menentukan adalah kolaborasi yang baik. Apresiasi untuk Kemenpora dan para pemangku kepentingan termasuk pemerintah daerah khususnya tuan rumah Kota Solo."

Simak juga Video: Jokowi Tutup ASEAN Para Games XI, Kontingen RI Jadi Juara Umum

[Gambas:Video 20detik]




(mrp/ran)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT