ADVERTISEMENT

Upaya Produsen Alat Olahraga Jepang Memajukan Voli Indonesia

Mohammad Resha Pratama - Sport
Senin, 15 Agu 2022 23:30 WIB
ASISCS Voleyball Tournament 2022
ASICS baru saja menggelar turnamen open voli akhir pekan kemarin (dok.ASICS Indonesia)
Jakarta -

ASICS selama ini identik dengan olahraga atletik, khususnya lari. Tapi, produsen alat olahraga asal Jepang itu juga tertarik mengembangkan voli di Indonesia.

Jika berbicara ASICS, maka orang-orang di Indonesia pasti akan terpikir soal olahraga lari karena memang merk sepatu itu banyak dipakai saat ini. Setelah lari (atletik), tenis dan basket jadi cabang yang coba dijamah oleh ASICS sejak kehadirannya tahun lalu.

Kini ASICS juga ingin memperkenalkan diri di dunia olahraga voli lewat sepatu produksi mereka yang diklaim tak kalah bagusnya. ASIC Indonesia baru saja mengumumkan peluncuran sepatu voli terbarunya bernama Netburner Ballistic FF 3.

Sepatu ini ini dirancang khusus untuk pengguna yang gemar untuk bermain dengan irama tempo yang cepat. Netburner Ballistic FF 3 dilengkapi dengan teknologi khas Flytefoamtm Propel, Twistruss, serta kombinasi 3D Space Construction dan desain sol X-Guidance. Bentuk rangka tumitnya pun lebih tinggi dari produk sebelumnya.

ASISCS Voleyball Tournament 2022Sepatu voli terbaru Netburner Ballistic FF 3 diperkenalkan di ASICS Voleyball Tournament 2022 (Foto: dok.ASICS Indonesia)

Teknologi ini membuat Netburner Ballistic FF 3 menjadi lebih fleksibel dan mendukung pantulan yang sangat baik pada saat digunakan. Bagi Anda yang menginginkan tampil lebih oke di lapangan voli, maka sepatu ini bisa didapatkan mulai 13 Agustus kemarin.

Bahkan sebagai tanda ASICS serius menggarap pasar voli Indonesia, mereka juga menggandeng tiga atlet nasional yakni Rivan Nurmulki, Doni Haryono, dan Wilda Nurfadila.

ASISCS Voleyball Tournament 2022Marketing Manajer ASICS Indonesia Fajar Nugraha (tengah) (Foto: Resha Pratama/detiksport)

"Untuk Indonesia fokus ASICS setelah lari, ada tenis dan voli. Jadi voli termasuk prioritas juga setelah lari. Dulu pas masih dipegang distributor belum fokus ke voli. Sejak ada ASICS Indonesia sudah banyak produk tenis dan voli tersedia. Kita baru banyak masukin produk voli ke Indonesia tahun ini. Kita harus mengetahui input dari para pelaku voli. Salah satunya dengan mengadakan turnamen ini," tutur Marketing Manager ASICS Indonesia, Fajar Nugraha, dalam perbincangan dengan detikSport dan sejumlah media, Minggu (14/8/2022)

"Line-up atlet voli ini kemungkinan akan ada tambahannya," Fajar menambahkan.

Turnamen Voli Terbuka diadakan ASICS

Selain meluncurkan sepatu voli, ASICS juga menggelar turnamen terbuka di GOR Pasar Minggu, Jakarta, 13-14 Agustus kemarin. Turnamen itu bertajuk Asics Volleyball Open Tournament 2022 yang baru diadakan pertama kali tahun ini.

Ada 21 tim amatir yang ikut serta dalam turnamen yang dibagi dua kategori, putra dan putri. Bahkan ada juga tim dari Maluku yang rela datang jauh-jauh karena ingin memanaskan tangan dan kaki, setelah ajang-ajang serupa "mati suri" sejak pandemi COVID-19.

Di sektor putra, JVC (Jakarta Volley Club) jadi juara setelah mengalahkan Bravo di partai final. Maluku PBU finis sebagai peringkat ketiga mengungguli M2GP.

Adapun di sektor putri, gelar juara diraih Bharata Muda setelah menekuk Bravo di final. Bravo pun harus puas dengan gelar runner-up di kedua sektor. Peringkat ketiga adalah Tim Satria Muda.

Turnamen ini memang baru diadakan tahun ini, namun sambutannya begitu meriah dari penonton dan khususnya atlet. Sebab mereka sudah rindu berkompetisi dan ajang semacam ini bisa mengasah kemampuan agar semakin dekat dengan mimpin jadi pevoli nasional.

"Alhamdulillah kalau ada pertandingan kaya gini lagi. Sudah lama tidak ada event bola voli. Sekarang ada turnamen kaya gini senang bisa buat nambah pengalaman," ujar Shakira.

ASISCS Voleyball Tournament 2022 Shakira Dwi Kurnia (kiri) jadi pevoli putri muda terbaik ASICS Voleyball Open Tournament 2022 (Resha Pratama/detikSport)

"Menurut saya diadakannya turnamen ini membantu mendukung dan memasyarakatkan pembinaan voli di Jakarta. Dalam beberapa tahun banyak turnamen voli kena cancel karena Covid-19. Banyak klub-klub yang bermunculan saat turnamen ini," tutur pelatih JVC Catur Yogo Septiyanto.

Hasil ASICS Voleyball Open Tournament 2022

KATEGORI PRIA

- Juara I: JVC
- Runner-up: BRAVO
- Peringkat III: MALUKU PBU
- Peringkat IV: M2GP

KATEGORI WANITA

- Juara I: BHARATA MUDA
- Runner-up: BRAVO
- Peringkat III: SATRIA MUDA
- Peringkat IV: VOCUS

- BEST PLAYER UMUM PUTRA: Boni Eswanto (BRAVO)
- BEST PLAYER U-21 PUTRA: Fafa Idza (JVC)

- BEST PLAYER UMUM PUTRI: Tasya Nur Rochmani (Bharata Muda)
- BEST PLAYER U-21 PUTRI: Shakira Dwi (Bharata Muda)

(mrp/bay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT