ADVERTISEMENT

Merdeka bagi Mereka

Merdeka dalam Olahraga: Berprestasi, Menyemangati, Mengapresiasi

Kris Fathoni W - Sport
Selasa, 16 Agu 2022 20:35 WIB
Ribuan suporter hadir mendukung timnas Indonesia U16 saat gelaran Piala AFF U16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. Tercatat sebanyak 10.500 tiket terjual.
Foto: PIUS ERLANGGA
Jakarta -

Salah satu makna 'merdeka' dalam KBBI dalam jaringan (daring) adalah bebas (dari perhambaan, penjajahan, dan sebagainya). Lantas bagaimana dengan 'merdeka dalam dunia olahraga'?

Beragam perspektif, yang disertai argumentasi lanjutannya, bisa mengiringi dalam pembahasan makna 'merdeka dalam dunia olahraga' tersebut. Untuk tahun ini, pada saat Indonesia memasuki usianya yang ke-77, salah satu perspektif yang bisa dikedepankan adalah perkara pandemi COVID-19 -- yang mulai mereda tapi masih tetap ada.

Sudah bukan rahasia lagi jika COVID-19, dan segala macam variannya, sudah menjadi momok dan musuh bersama nyaris setiap elemen kehidupan dunia dalam beberapa tahun terakhir. Termasuk di dalam dunia olahraga.

Lantaran COVID-19 pula beragam turnamen dan ajang olahraga dimundurkan dari jadwal semula atau bahkan batal digelar sama sekali pada akhirnya.

Maka seiring dengan COVID-19 yang mereda, dunia perlahan-lahan kembali 'merdeka'. Juga di dunia olahraga.

Waktunya kembali mengukir prestasi! Momen bagi atlet-atlet Merah Putih memperlihatkan kemampuan terbaiknya lagi!

Tren COVID-19 yang relatif membaik juga memberi angin segar buat suporter dalam mendukung dan menyemangati tim maupun atlet kesayangannya berlaga.

Suporter, yang kehadirannya senantiasa memberi denyut istimewa dalam aliran nadi dunia olahraga, kembali muncul langsung menjadi penyuntik semangat di gelanggang-gelanggang olahraga.

Dalam konteks olahraga, dua elemen itu saja sejatinya layak mengundang selebrasi alias patut dirayakan: ajang dan turnamen yang kembali rutin bergulir tanpa halangan, plus kehadiran kembali para suporter untuk ikut langsung memberikan dukungan.

Dan situasi ini mestinya sangat bisa kita apresiasi. Apalagi mengingat masa-masa puncak COVID-19, ketika penikmat olahraga praktis cuma bisa mengenang ulang highlight smes backhand apik dari Taufik Hidayat atau memutar-mutar ulang 10 gol terbaik hasil aksi Lionel Messi.

Ancaman COVID-19 belumlah sirna; sudah reda, tapi tetap ada. COVID-19 masih ada, tapi tak lagi membelenggu dunia olahraga seperti tahun-tahun sebelumnya. Maka tiba waktunya lagi buat atlet-atlet kembali berprestasi dan para suporter menyemangati, sembari kita semua mengapresiasi situasi di dunia olahraga pada saat ini.

Dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77, detikcom menginisiasi kampanye 'Merdeka Bagi Mereka'. Di kampanye ini akan ada kumpulan kisah inspiratif tentang arti 'Merdeka Bagi Mereka' dari berbagai figur dan perspektif.

Simak terus kampanye 'Merdeka Bagi Mereka' mulai 17 Agustus 2022 di sini!

(krs/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT