Wushu Junior Jakarta Open Diharap Lahirkan Atlet Kelas Dunia

ADVERTISEMENT

Wushu Junior Jakarta Open Diharap Lahirkan Atlet Kelas Dunia

Randy Prasatya - Sport
Jumat, 26 Agu 2022 00:21 WIB
Wushu
Foto: dok. Wushu
Jakarta -

Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI), Airlangga Hartarto, membuka secara resmi Kejuaraan Wushu Junior Jakarta Open di Bywalk Mall Pluit, Jakarta Utara, Kamis (25/8/2022).

Kejuaraan yang digelar hingga Minggu, 28 Agustus 2022 ini diikuti 235 peserta dari 7 provinsi dengan mempertandingkan nomor Wingchun, Taolu dan Sanda.

Menurut Airlangga Hartarto yang juga Menko Perekonomian, Kejuaraan Wushu Junior Jakarta Open 2022 ini merupakan rangkaian kegiatan untuk menyambut Indonesia sebagai tuan rumah Kejuaraan Dunia Wushu Junior yang akan digelar di ICE Bumi Serpong Damai (BSD), Banten, 2-11 Desember 2022.

Setelah Jakarta Open 2022 akan ada Kejuaraan Wushu Piala Presiden 2022 yang akan digelar Pengprov WI Jawa Timur di Surabaya, Jawa Timur, 16-22 September 2022.

Ini merupakan rangkaian kegiatan menjelang Indonesia menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022," kata Airlangga Hartarto.

Selain untuk sosialisasi Indonesia sebagai tuan rumah Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022, kata Airlangga Hartarto, Jakarta Open 2022 juga punya misi lain.

Yakni, memberikan pengalaman bertanding kepada atlet junior sehingga bisa memunculkan atlet berkualitas yang diharapkan mampu meraih prestasi sekaligus mengibarkan Merah Putih di ajang internasional.

"Saya berharap dari Jakarta Open 2022 ini akan lahir atlet wushu berprestasi dan mampu mengibarkan Merah Putih di ajang single maupun multi event internasional," ujarnya dalam keterangan pers.

Apa yang diharapkan Airlangga Hartarto ini sesuai dengan tekad Ketua Pengprov WI DKI Jakarta, Gunawan Tjokro yang ingin melahirkan atlet-atlet wushu berprestasi internasional.

"Ya, misi Pengprov WI DKI Jakarta memang ingin melahirkan atlet wushu kelas dunia yang bisa mengibarkan Merah Putih di ajang internasional. Makanya, Pengprov WI terus melakukan pembinaan berjenjang dan berkesinambungan. Dan, Kejuaraan Wushu Junior Jakarta Open 2022 ini sebagai ajang untuk menambah pengalaman bertanding bagi atlet-atlet wushu junior DKI Jakarta sekaligus ajang evaluasi sehingga pembinaan bisa lebih baik lagi ke depan," urainya.

Pelaksanaan Kejuaraan Wushu Junior Jakarta Open 2022 ini juga mendapat pujian dari Wakiil Ketua I KONI DKI Jakarta, Gede Sarjana.

"Kehadiran pak Gunawan Tjokro sebagai Ketua Pengprov WI DKI Jakarta telah menghidupkan kembali wushu DKI Jakarta. Terus terang, Jakarta Open 2022 ini murni dibiayai Pengprov WI DKI Jakarta tanpa ada anggaran dari APBD. Dan, ini merupakan terobosan bagus dalam upaya melahirkan atlet-atlet berkualitas apalagi eventnya berskala nasional," tuturnya.

Keinginan untuk menjadi yang terbaik di Jakarta Open 2022 juga disampaikan Sekretaris Umum (Sekum) Pengprov WI DKI Jakarta, Herman Wijaya.

"Target Pengprov WI DKI Jakarta memang menjadi pengumpul medali terbanyak di Jakarta Open 2022. Dan, kita berharap atlet-atlet junior DKI Jakarta bisa memetik pengalaman berharga dalam upaya meningkatkan prestasinya ke depan untuk mewujudkan tekad pak Gunawan Tjokro yang ingin melahirkan atlet kelas dunia," kata Herman Wijaya yang juga pemilik Sasana Rajawali Sakti Jakarta.



Simak Video "Berlatih Wushu Bersama Murid Beladiri Terlatih di Kota Medan Sumatera Utara"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/pur)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT