ADVERTISEMENT

Kakek Strong! Usia 70 Tahun Mampu Angkat Beban 100 Kg

Ayunda Septiani - Sport
Sabtu, 03 Sep 2022 06:30 WIB
Jakarta -

Opa Sugianto Saputra (70) terkenal dengan sapaan Opa Gogi, Di usianya yang sudah lebih dari setengah abad ini, Opa Gogi termasuk ke dalam kakek terkuat yang ada di Indonesia. Julukan ini diberikan oleh pengguna Instagram dari salah satu postingan akun pribadi Opa Gogi (@opagogi) terkait dengan aktivitas olahraga.

Saat ditemui detikcom, Opa Gogi bercerita bahwa dirinya sudah 7 tahun berolahraga gym. Dan selama itulah Opa Gogi berlatih fisik agar tetap sehat dan bugar.

"Kalo nge-gym dari umur 62 tahun. Sebelumnya saya main bulu tangkis dan dari muda juga sebetulnya sudah aktif olahraga seperti berenang. Terakhir, yang saya nilai risikonya yang paling rendah ya di gym ini, mulailah beralih ke gym. Biar konsisten, pertama harus punya motivasi, kemudian cari komunitas yang suka dengan olahraga ini kemudian berkelanjutan. Kalau sendiri biasanya malas, kalau ada komunitas ada yang support," jelasnya kepada detikcom, Jumat (2/9/2022).

"Mindset harus dibentuk terlebih dahulu, karena tua itu pasti, sehat itu adalah pilihan. Kita biarpun bertambahnya usia, jiwa kita harus tetap muda, mindset jangan anggap kita merasa tua, jadi kita tetap merasa tua tapi jiwanya muda," tambahnya.

Tak hanya itu, Opa Gogi juga menuturkan pula bahwa ia suka memberikan tantangan dan motivasi kepada anak muda, dengan tujuan untuk membangkitkan semangat mereka.

"Jadi saya suka sama anak muda-muda itu, kalau saya bisa kamu juga pasti bisa itu supaya bisa membangkitkan semangat. Jadi setelah punya mindset seperti itu jadi termotivasi, otomatis jadi rajin, ditambah ketemu sama komunitas yg sefrekuensi," paparnya.

Rutinitas olahraga angkat beban dilakukan setiap hari oleh Opa Gogi, dan hampir tidak pernah bolong setiap harinya untuk nge-gym.

"Saya nge-gym setiap hari, hampir tidak bolong, kadang-kadang sehari 2 kali tergantung ada yang mengajak. Semacam bench press itu bisa 70 bisa, kalo yang chest fly bisa 100 kg itu karena terbiasa juga sebetulnya, bukan karena jago, terbiasa karena latihan," pungkasnya.

(mjt/mjt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT