ADVERTISEMENT

14 Cabor DBON Warnai Perayaan Haornas 2022

Randy Prasatya - Sport
Kamis, 08 Sep 2022 23:40 WIB
Haornas
Foto: dok. Kemenpora
Jakarta -

14 cabang olahraga unggulan dari Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) akan mewarnai perayaan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2022 yang berpusat di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Jumat (9/9) mendatang.

Atraksi-atraksi yang ditampilkan dari cabor-cabor tersebut akan diperagakan oleh para atlet muda Kalimantan Timur, yang ujungnya berbunyi pesan-pesan semangat untuk meraih prestasi tinggi mencetak juara di pentas dunia.

Pemilihan atlet muda yang nantinya akan tampil di hadapan Wakil Presiden RI KH. Ma'ruf Amin dan tokoh Pembaharu Olahraga Indonesia Menpora Zainudin Amali serta stakeholder olahraga lainnya di perayaan Haornas 2022 nanti bukannya tanpa alasan. Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta menyebut bahwa merekalah nantinya yang akan mengisi puncak prestasi olahraga Indonesia di pentas internasional pada masa yang akan datang.

"Kita melibatkan atlet muda dari cabang olahraga DBON dalam mengisi acara perayaan Haornas 2022 ini, karena mereka semualah nantinya yang akan mengisi puncak prestasi olahraga Indonesia ke depannya," tutur Raden Isnanta saat mempersiapkan acara Haornas 2022 dalam keterangan persnya.

Selain atraksi cabor dari DBON, Raden Isnanta pun sedikit menjabarkan penampilan lainnya seperti informasi karya-karya terbaik setelah DBON di-launching yang terbungkus dalam implementasi DBON yang menggambarkan kesuksesan penyelenggaraan PON Papua, Peparnas, hasil positif di SEA Games Vietnam, hingga tim Merah Putih mampu mempertahankan predikat juara umum di ajang ASEAN Para Games di Solo lalu, serta pencetakan rekor MURI SKJ Pelajar Bugar yang dicetak Kemenpora baru-baru ini dan kesuksesan ajang Fornas di Palembang.

"Dari tayangan tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa kepemimpinan yang efektif dari awal DBON telah menorehkan sensasi-sensasi prestasi di bawah kepemimpinan seorang profesor Zainudin Amali sebagai menteri olahraga RI melalui metode TARSIL," tambah Isnanta yang juga menyebut dalam perayaan HAORNAS 2022 ini tak luput dari pemberian penghargaan kepada segenap insan olahraga.

"Diujung acara, akan dilakukan selebrasi, setelah pak Menteri bersama stakeholder olahraga menendang bola ke arah target tertentu di mana nanti pada layar lebar terpampang tulisan Cetak Juara yang diiringi sinaran kembang api yang akan menambah keanggunan kota Balikpapan," tambah Isnanta.

Di sisi lain, peraih medali di empat Olimpiade, Eko Yuli Irawan mendukung penuh DBON dengan target utama prestasi dunia yang tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 tahun 2021. Untuk itu, Eko mengimbau para atlet junior memaknai arti peringatan perayaan Haornas ke-39 ini dengan mengejar prestasi dunia, sesuai dengan temanya Bersama Cetak Juara.

Meski demikian, Eko pun menyebut dukungan dari semua pihak terkait termasuk atlet dan stakeholder olahraga sangat dibutuhkan dalam mewujudkan target dalam DBON yang lahir pada era kepimpinan Menpora Zainudin Amali.

"Kita sebagai atlet harus fokus dalam menjalani program latihan dalam upaya meraih prestasi sesuai yang diinginkan dalam DBON sebagai bentuk pertanggungjawaban penggunaan dana yang diberikan pemerintah. Ini sebagai bentuk dukungan terhadap DBON," ucap Eko yang terus menjalani program latihan dalam upaya mengejar tiket ke Olimpiade Paris 2024.

Dukungan terhadap DBON juga dilontarkan atlet para badminton putri peraih dua medali emas Paralimpiade 2020 Tokyo, Leani Ratri Oktila. Dirinya pun berterima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan dukungan terhadap olahraga melalui program DBON dan UU Keolahragaan.

"Semoga peringatan perayaan Haornas ke 39 dengan tema bersama cetak juara ini prestasi olahraga Indonesia bisa lebih baik lagi di kancah International ke depan," katanya.



Simak Video "Menpora Minta Tambahan Anggaran ke DPR Rp 3 Triliun"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT