ADVERTISEMENT

Sederet Kontribusi Grup MIND Cetak Juara Olahraga Indonesia

Inkana Izatifiqa R Putri - Sport
Jumat, 09 Sep 2022 20:38 WIB
MIND ID
Foto: MIND ID
Jakarta -

Hari Olahraga Nasional 2022 yang diperingati hari ini menandai upaya pengembangan olahraga Indonesia yang telah berjalan baik. Mengusung tema 'Bersama Cetak Juara', Hari Olahraga Nasional kali ini menjadi momentum bagi Grup MIND ID untuk turut mendukung pengembangan sumber daya manusia di bidang olahraga

Bersama PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia (PTFI), PT Inalum (Persero), dan PT Timah Tbk, MIND turut mendukung kemajuan dunia olahraga di Indonesia. Hal ini telah dilakukan melalui berbagai kontribusi.

"Grup MIND ID berkomitmen untuk mendukung perkembangan olahraga di Indonesia. Karena hal ini sejalan dengan sustainability pathway MIND terutama dalam pilar people, untuk mengembangkan potensi dan keterampilan setiap masyarakat baik yang di sekitar tambang maupun di skala Nasional terutama di bidang olahraga," ujar Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID, Dany Amrul Ichdan dalam keterangan tertulis, Jumat (9/9/2022).

Belum lama ini, Grup MIND memberi dukungan dalam pelaksanaan Asian Para Games 2022 yang baru saja selesai digelar di Solo, Jawa Tengah. Melalui kontribusinya, Grup MIND ID turut menghantarkan delegasi Indonesia keluar sebagai juara umum.

Tak hanya itu, (PTFI) juga mendukung lahirnya atlet sepakbola dari Papua. Seperti diketahui, pada 31 Agustus 2022, Presiden Joko Widodo meresmikan Papua Football Academy (PFA) di Stadion Lukas Enembe, Sentani, Papua. PFA merupakan bentuk tindak lanjut dan kesinambungan dari Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua pada 2021.

Saat ini, telah dipilih 60 siswa untuk bergabung dalam PFA. Mereka diberikan latihan secara profesional dengan 6 pelatih selama 2 tahun. Di samping itu, mereka juga diberikan fasilitas asrama Mimika Sports Complex (MSC) yang dilengkapi dengan pendidikan formal sehingga dapat tetap berprestasi secara akademis.

Selanjutnya, MIND ID turut mendukung penyelenggaraan IFSC - Climbing World Cup yang akan dihelat oleh Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI). Adapun IFSC merupakan organisasi nirlaba internasional non-pemerintah yang bertujuan sebagai arahan, regulasi, promosi, pengembangan, dan kelanjutan kompetisi pendakian di seluruh dunia.

Kompetisi internasional dalam cabang panjat tebing ini sudah dimulai sejak 1989. Jumlah kompetisi dan tempatnya pun bervariasi dari tahun ke tahun. Di 2022, Indonesia bersama 8 negara lainnya berkesempatan menjadi tuan rumah untuk kompetisi ini. Adapun di Indonesia, kompetisi ini akan digelar di SCBD, Jakarta Selatan pada bulan ini.

Pada periode sebelumnya, atlet panjat tebing Indonesia, Kiromal Katibin berhasil mencetak rekor dunia saat berjuang pada kompetisi internasional, IFSC World Cup 2022 di Chamonix, Perancis (8/7) dengan torehan waktu 5,00 detik. Sementara di ajang The World Games di Birmingham, AS (15/7) Indonesia berhasil menyapu bersih emas dan perak pada kategori Men's Speed.

"Grup MIND ID merasa bangga mendengar Lagu Indonesia Raya berkumandang dan bendera Merah Putih berkibar di setiap ajang kompetisi International. Apresiasi setinggi-tingginya untuk setiap atlet yang turut berjuang dan menyumbangkan nama harum Indonesia. Selamat Hari Olahraga Nasional, maju terus Olahraga Indonesia, bersama kita cetak juara," pungkas Dany.

(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT