ADVERTISEMENT

Veddriq Leonardo cs Bermental Kuat Tatap Kejuaraan Dunia Panjat Tebing

Mercy Raya - Sport
Kamis, 15 Sep 2022 04:10 WIB
Menpora Zainudin Amali
Tim panjat tebing dilepas Menpora Zainudin Amali berlaga di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022. (Foto: detikcom/Mercy Raya)
Jakarta -

Veddriq Leonardo dkk disebut sudah siap tempur tampil di Kejuaraan Dunia Panjat Tebing yang berlangsung di Jakarta, 24-26 September 2022.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indonesia (PP FPTI) Yenny Wahid usai bertemu Menpora Zainudin Amali guna melaporkan kesiapan di Kantor Kemenpora, Rabu (14/9/2022).

"Sejauh ini atlet-atlet kami mentalnya sudah sangat kuat, prestasinya sangat konstan terakhir Veddriq Leonardo masih memimpin klasemen karena perolehan poinnya sangat tinggi," kata Yenny dalam jumpa persnya.

Leonardo saat ini kokoh di peringkat pertama dengan mengoleksi 3.910 poin kategori speed men. Disusul kompatriotnya, Katibin Kirmal yang berada di perngkat kedua dengan perolehan poin sementara 3.275 poin. Kemudia Noya Cardona Erik (Spanyol) dan Long Jinbao (China) yang masing-masing meraih 2.935 poin dan 2.495 poin.

"Sementara dari kategori tim negara, Indonesia sekarang ada di tiga besar perolehan poin. Nah, semoga dengan kejuaraan ini bisa tambah banyak lagi poinnya. Kalau bisa akhir tahun ini para atlet kita dapat trophy sebagai atlet peraih poin terbanyak," ujarnya.

Menpora Zainudin Amali dalam kesempatan yang sama berharap dari ajang Kejuaraan Dunia Panjat Tebing ini para atlet Indonesia dapat dijadikan ajang uji coba menuju kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Apalagi cabor panjat tebing masuk dalam cabang prioritas program Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang memupunyai tujuan tampil dan berprestasi di Olimpiade.

"Saya tambahkan panjat tebing ini masuk ke dalam DBON dan kami sudah sampaikan kepada Ibu Ketum, kita harus masuk ke Olimpiade Paris 2024," kata Amali.

Sehubungan itu, Menpora asal Gorontalo ini juga mendukung jika FPTI ingin menjadi tuan rumah untuk Kualifikasi Olimpiade pada tahun depan.

"Tahun depan mulai kualifikasinya dan mudah-mudahan kita bisa menjadi tuan rumah, sehingga memudahkan kita untuk mendorong para atlet. Namun demikian untuk kejuaraan dunia sekarang kita akan jadikan juga sebagai persiapan ke Paris 2024," ujar Amali.

Simak juga Video: The Daddies Raih Runner-up Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT