ADVERTISEMENT

Dua Bintang Dunia Siap Adu Kecepatan di Climbing World Cup 2022

Mercy Raya - Sport
Kamis, 22 Sep 2022 20:30 WIB
SALT LAKE CITY, UTAH - MAY 28: Veddriq Leonardo of Indonesia celebrates his first place win and breaking the speed world record during the speed climbing finals of the IFSC Climbing World Cup at Industry SLC on May 28, 2021 in Salt Lake City, Utah. (Photo by Andy Bao/Getty Images)
International Federation of Sport Climbing Climbing World Cup 2022 menjadi momen Veddriq Leonardo beraksi lagi. (Foto: Getty Images/Andy Bao)
Jakarta -

Dua bintang dunia Kiromal Katibin dan Veddriq Leonardo siap adu kecepatan di International Federation of Sport Climbing (IFSC) Climbing World Cup 2022. Mereka juga ingin kembali mencetak rekor dunia.

Baik Kiromal dan Veddriq menjadi salah dua peserta yang akan bertanding di kejuaraan panjat tebing level dunia. Kebetulan, Indonesia didapuk menjadi tuan rumah kejuaraan seri ketujuh nomor speed tersebut.

Ajang itu sendiri akan tersenggara di kawasan SCBD, lot 16-17, mulai Sabtu (24/9) hingga Senin (26/9/2022).

"Untuk persiapan, kami kan latihan sudah terprogram dari pelatih. Jadi tinggal kami melakukan yang terbaik saja," kara Katibin seperti dikutip dari Antara.

"Targetnya pertama untuk bisa memecahkan rekor lagi, di angka empat detik," ujarnya menyoal target.

Katibin sendiri sebelumnya merupakan atlet dengan catatan rekor dunia 5 detik. Angka itu ia bukukan saat tampil di babak kualifikasi IFSC-Climbing World Cup nomor speed di Chamonix, Prancis, pada Juli lalu. Saat ini, pemain kelahiran Batang 22 tahun silam itu, menempati ranking kedua dunia.

Memasang target tinggi, Katibin bakal punya pesaing ketat. Tak tanggung-tanggung lawannya adalah kompatriotnya, Veddriq Leonardo.

Veddriq juga menyimpan asa yang sama di single event kali ini. Ia bahkan ingin mempertahankan gelar juara umum kategori speed putra yang pernah diraihnya pada musim lalu, 2021.

"Kalau saya pribadi ingin mengamankan peringkat satu dunia untuk speed putra. Saya pribadi juga ingin memecahkan rekor karena dulu saya pernah pada 2021 memecahkan rekor 5, 20 detik. Saya optimistis insya Allah bisa di Tanah Air ini," kata Veddriq.

Veddriq saat ini menempati peringkat pertama dalam perolehan poin IFSC Climbing World Cup 2022 kategori speed putra. Ia mengemas 3.910 poin, disusul Kiromal Katibin di peringkat kedua dengan koleksi 3.275 poin.

Di peringkat ketiga dan keempat diisi atlet panjat tebing dari Spanyol Erik Noya Cardona dan Long Jinbao (China). Masing-masing saat ini memiliki 2.935 poin dan 2.495 poin.

Sebagai informasi, kejuaraan ini akan diikuti sekitar 200 atlet dari 27 negara. Indonesia sebagai tuan rumah menurunkan 42 atlet yang terdiri dari 22 atlet speed dan 20 atlet lead.

(mcy/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT