ADVERTISEMENT

Reli Danau Toba 2022: Penalti di Hari Pertama Bikin Sean Gagal P1

Mohammad Resha Pratama - Sport
Sabtu, 24 Sep 2022 23:07 WIB
Sean Gelael
Sean Gelael mendapat penalti di hari pertama Reli Danau Toba 2022 (dok.Jagonya Ayam Motorsport)
Simalungun -

Sean Gelael sejatinya jadi pebalap tercepat di hari pertama Reli Danau Toba 2022. Namun, penalti membuat pebalap Jagonya Ayam Motorsport itu harus turun ke posisi ketiga.

Hari pertama (Leg 1) Reli Danau Toba dihelat, Sabtu (24/9/2022) pagi WIB. Hujan yang mengguyur Parapat selama semalam membuat trek di Kawasan Hutan Toba Pulp & Paper, Simalungun, menjadi licin.

Meski demikian, Sean bersama co-driver Hugo Magalhaes langsung tancap gas dengan mobil Citroen C3 Rally bernomor 3. Meski trek mulai kering karena tidak ada hujan yang turun di hari Sabtu, Sean tidak mengendurkan gasnya.

Alhasil, dia mampu unggul 2-3 detik per kilometer dari lawan-lawannya. Setelah melewati 8 Special Stage (SS), Sean/Hugo mampu unggul hampir tiga menit atau sekitar 2 menit 59,3 detik atas pasangan Rifat Sungkar/Benjamin Searchy yang menggeber Mitsubishi Expander.

Sean GelaelSean Gelael Foto: dok.Jagonya Ayam Motorsport

Namun, kabar tak sedap didapat ketika pada perhitungan waktu di hari pertama, Sean mendapat penalti 8 menit karena terlalu cepat datang ke Time Control (TC) 8B.

Menurut aturan lomba, ada waktu 10 menit yang harus dipatuhi bagi para pereli untuk kembali ke TC 8B setelah menyelesaikan SS. Sean yang sudah kembali meski baru dua menit mau tak mau terkena penalti.

Penalti itu membuat Sean harus turun ke posisi ketiga di kelas Asia Pasific Rally Championship (APRC). Posisi pertama jadi miliki Rifat/Benjamin yang disusul pasangan tuan rumah Musa 'Ijeck' Rajekshah/Hervian Sudjono.

Sebelum penalti diberlakukan, Musa/Hervian yang mengendarai Skoda Fabia terpaut 5 menit 21,7 dari Sean.

Sebelumnya, Sean mengatakan bahwa Reli Danau Toba kali ini memang seru dan mengasyikkan. Dia berharap bisa tetap tampil oke di 4 SS tersisa, Minggu (25/9/2022).

"Ada beberapa jump yang bisa jadi tontonan tersendiri. Masih ada 4 SS besok. Tetap semangat!," papar Sean Gelael dalam rilis kepada detikSport.

Sementara itu, pasangan Jagonya Ayam Motorsport lainnya, Ricardo Gelaell/Rony Maroun untuk sementara ada di posisi kelima. Ricardo meski sudah berusia 63 tahun tetap menunjukkan performa primanya,

"Hari ini saya capek banget, badan kayaknya remuk. Tapi saya sudah bertekad untuk menyelesaikan reli. Posisi 5 jadi penambah semangat," kata Ricardo.

Empat SS yang digelar besok memberlakukan arah kebalikan (reverse) dari SS yang dijalankan pada Sabtu.

Hasil Leg 1 (Kelas APRC) Reli Danau Toba 2022
1. Rifat Sungkar/Benjamin Searchy 1:19:56.4
2. Musa Rajekshah/Hervian Soejono 1:22:18.8
3. Sean Gelael/Hugo Magalhaes 1:24:57.1
4. H. Rachmat/Hade Mboi 1:26:12.9
5. Ricardo Gelael/Rony Maroun 1:27:20.0

Jadwal Reli Danau Toba
Leg 2: Minggu, 25 September
SS 9: Negeri Dolok Reverse (7,94 km)
SS 10: Huta Tonga Reverse (16,42 km)
SS 11: Gorbus Reverse (20,36 km)
SS 12: Aek Nauli Reverse (7,67 km)

(mrp/bay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT