Indonesia Sisakan Satu Wakil di Final Kejuaraan Dunia Lead Putra

ADVERTISEMENT

Indonesia Sisakan Satu Wakil di Final Kejuaraan Dunia Lead Putra

Mercy Raya - Sport
Senin, 26 Sep 2022 17:15 WIB
Atlet panjat tebing Indonesia Ravianto Ramadhan berusaha memanjat untuk mencapai puncak pada kategori lead putra Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022 IFSC Seri Jakarta di kawasan SCBD, Jakarta, Sabtu (24/9/2022). Dalam babak kualifikasi tersebut dua atlet Jepang Satone Yoshida dan Yoshiyuki Ogata meraih posisi pertama setelah meraih puncak di dua rute serta empat atlet Indonesia berhasil masuk ke babak semifinal yakni Ravianto Ramadhan dengan skor 33 (rute 1) dan 29+ (rute 2), Raviandi Ramadhan dengan skor 30+ (rute 1) dan 30 (rute 2), Musauwir dengan skor 28 (rute 1) dan 27 (rute 2), dan Muhammad Rizky Syahrafli dengan skor 29 (rute 1) dan 24 (rute 2). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.
Ilustrasi (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta -

Satu atlet panjat tebing Indonesia lolos final disiplin lead di Kejuaraan Dunia 2022 di Jakarta. Ialah Raviandi Ramadhan, wakil tunggal tuan rumah tersebut.

Raviandi lolos setelah berjuang di babak semifinal yang berlangsung di kawasan SCBD, Jakarta, pada Senin (26/9/2022). Ia meraih skor 35 poin setelah memanjat selama 3,16 menit.

Ia menjadi terbaik keenam usai mengalahkan 25 pesaing dari Amerika Serikat, Hong Kong, Inggris, Jerman, dan Kanada, serta tiga rekannya yaitu Ravianto Ramadhan, Musauwir, Rizky Syahrafli di babak semifinal. Masing-masing hanya mampu mengoleksi 31 poin, 24, dan 22 poin.

Di babak final, Raviandi akan menghadapi lawan-lawan yang mayoritas berasal dari Asia. Jepang sendiri menjadi negara yang mendominasi di babak final.

Mereka ialah Masahiro Higuchi (Jepang), Ao Yurikusa (Jepang), Satone Yoshida (Jepang), dan Hidemasa Nishida (Jepang) . Selain itu, ada Dohyun Lee (Korea Selatan), Luka Potocar (Slovakia), dan Sebastian Halenke (Jerman).

Berbeda dengan hasil putra, lead putri Indonesia gagal meloloskan wakil ke partai puncak. Dua wakil Merah-Putih yang tampil di semifinal hanya mampu menduduki urutan ke-21 dan ke-26 atau dasar klasemen.

Mereka adalah Fujiyanti Widia yang hanya mengumpulkan skor 23 poin setelah berjuang selama 3,22 menit. Sedangkan Sukma Lintang Cahyani hanya mengoleksi skor terbaik 15 poin dalam waktu 1 menit 31 detik.

Final putri didominasi pemanjat dari Eropa dari delapan atlet. Slovakia meloloskan tiga wakil antara lain Mia Krampl, Vita Lukan, Janja Garnbret.

Lalu Jepang mengirimkan dua wakil Ryu Nakagawa dan Natsuki Tanii. Kemudian dari Italia Laura Rogora, Hannah Meul (Jerman), serta Chaehyun Seo (Korea Selatan).

Babak final lead akan tersaji pukul 19.15 WIB di kawasan SCBD, Jakarta, Lot 16-17.

(mcy/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT