Siswa-Siswi Siap Bersaing di Labuan Bajo Marathon 2022

ADVERTISEMENT

Siswa-Siswi Siap Bersaing di Labuan Bajo Marathon 2022

Tim Detikcom - Sport
Rabu, 12 Okt 2022 22:40 WIB
Labuan Bajo Marathon 2022 akan digelar 29 Oktober 2022 mendatang. Adapuan nomor lari marathon yang akan digelar 5 km, 10 km, 21 km dan 42 km.
Foto: dok. IFG
Jakarta -

Sejumlah Sekolah Menengah Tingkat Atas (SMA) di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) siap mengirimkan perwakilan siswa-siswinya untuk ikut berlomba di ajang IFG Labuan Bajo Marathon 2022, yang akan berlangsung pada 29 Oktober 2022 mendatang. Siswa-siswi tersebut akan berlomba di kategori 5K.

Para tenaga pendidik menyambut baik ajang IFG Labuan Bajo Marathon 2022 dan menilainya sebagai kegiatan yang berpotensi mencetak atlet-atlet unggulan asal NTT.

"Kami akan mengirimkan perwakilan sebanyak 20 orang, terdiri dari 10 siswa dan 10 siswi," ujar Lukas Syukur, guru olahraga di SMKN 2 Komodo.

Antusiasme tinggi juga datang dari sejumlah sekolah lainnya, di antaranya SMAN 2 Komodo, MAN Manggarai Barat, Sekolah Lentera Harapan Labuan Bajo, SMPK St Yosefa.

Bagi sekolah yang akan mengirimkan perwakilan siswanya untuk berlomba di IFG Labuan Bajo Marathon 2022, caranya sangat mudah, yakni dengan memberikan data nama dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) ke pihak penyelenggara, Mesa Race.

"Yang penting siswa-siswi calon peserta memenuhi persyaratan seperti usia minimum dan kondisi kesehatan yang baik," kata CEO Mesa Race Reza Puspo.

Partisipasi para pelajar di NTT dalam IFG Labuan Bajo Marathon 2022 memang menjadi salah satu sasaran kegiatan marathon berskala besar pertama di Labuan Bajo tersebut.

Ketua Panitia IFG Labuan Bajo Marathon 2022 dari IFG selaku sponsor utama, Fitri Istanti berharap ajang ini bisa menjaring potensi-potensi baru dari Bumi Flobamora.

"Sejarah menunjukkan NTT telah mencetak banyak atlet lari nasional. IFG Labuan Bajo Marathon 2022 diharapkan bisa melahirkan bibit-bibit baru yang berpotensi menjadi atlet lari yang dapat berkontribusi di tingkat nasional maupun internasional," katanya.

Mengingat para siswa masih awam dan baru akan berkiprah di cabang olah raga lari jarak menengah, apa saja yang harus mereka persiapkan menjelang berlomba "IFG Labuan Bajo Marathon 2022"?

Coach Agung Mulyawan, yang akrab disapa Agung Gantar, pelatih lari dengan sertifikat IAAF (International Amateur Athletic Federation), memberi tips persiapan bagi pelajar di atas 16 tahun untuk mengikuti lomba lari 5K.

Pertama, membangun daya tahan tubuh. Agung mengatakan bahwa ada tiga dasar utama yg perlu diperhatikan setiap pelari saat akan memulai lomba, yaitu VO2Max, ambang batas laktat, serta running economy.

"VO2 Max ini berkaitan dengan volume maksimal oksigen yang dapat diproses oleh tubuh, ambang batas asam laktat berhubungan dengan produksi energi aerobik pada persentase VO2Max tertinggi tanpa mengakumulasi asam laktat, sementara running economy berkorelasi dengan kemampuan pelari yang memiliki kecepatan tinggi dengan jarak yang jauh tanpa memerlukan banyak energi," papar Agung Gantar.

Untuk mengejar target volume VO2Max, dalam dua minggu pertama siswa perlu membangun daya tahan tubuh yang kuat. Kedua, latihan kekuatan (strength). Setelah daya tahan tubuh terbangun, tahap latihan berikutnya adalah kekuatan.

Kedua, latihan kekuatan (strength). Setelah daya tahan tubuh terbangun, tahap latihan berikutnya adalah kekuatan.

Agung mengatakan latihan kekuatan dapat mulai dilakukan dua minggu berikutnya setelah dua minggu pertama melatih daya tahan. Latihan kekuatan ini sebaiknya disertai sesi lari dengan intensitas tinggi.

Ketiga, menjaga asupan nutrisi. Agung juga menekankan pentingnya bagi para pelari untuk tetap memperhatikan komposisi nutrisi yang dikonsumsi.

"Perbanyak asupan karbohidrat sebelum lomba, tetapi bukan berarti meniadakan asupan vitamin, protein dan mineral," katanya.

Dia mengingatkan peserta juga harus memperhatikan kecukupan cairan tubuh, mengingat teriknya cuaca di Labuan Bajo.

"Hidrasi yang cukup, minum setiap 7 sampai 10 menit. Itu sangat dianjurkan bagi pelajar yang akan mengikuti lomba," tambahnya.

Selain melibatkan para siswa, IFG Labuan Bajo Marathon 2022 juga diikuti peserta dari berbagai daerah di Indonesia dan juga dari mancanegara.

Ajang ini menjanjikan hal yang belum tentu didapat di kegiatan maraton lainnya, yakni rute super menantang, dibalut dengan keindahan pemandangan alam Labuan Bajo yang begitu indah.

IFG Labuan Bajo Marathon 2022 akan melombakan kategori Full Marathon (42K), Half Marathon (21K), 10K, 5K, serta lomba kelompok Ekiden (estafet 5K) dan Kids Dash 100M.



Simak Video "Ramainya Gelaran Mandiri Jogja Marathon 2022 Candi Prambanan"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/mrp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT