Barebow Achery Berharap Dipertandingkan di PON

ADVERTISEMENT

Barebow Achery Berharap Dipertandingkan di PON

Randy Prasatya - Sport
Senin, 24 Okt 2022 19:11 WIB
Berbo Achery Berharap Dipertandingkan di PON
Foto: dok. Barebow
Jakarta -

Berangkat dari sekadar menyalurkan hobi berolahraga panahan tradisional, Komunitas Barebow berharap agar nomor ini bisa dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional(PON).

Barebow merupakan salah satu nomor cabang olahraga panahan tanpa menggunakan aksesori seperti nomor Standar dan Recurve misalnya.

Namun, nomor Barebow saat ini banyak digandrungi. Komunitas panahan Barebow telah berkembang pesat terutama di wilayah Jabodetabek.

Komunitas ini kerap melakukan Latihan Bersama (Latber) untuk mempertajam kemampuan mereka dalam membidik busur panah. Seperti halnya, Komunitas Barebow Chapter Bekasi yang memiliki anggota ratusan atlet.

"Dulu sebelum Pandemi Covid-19 kami kerap menggelar kegiatan Latihan Bersama. Sekarang ini setelah adanya pelonggaran PPKM, kembali kami pun aktif menggelar Latber," papar Ketua Barebow Chapter Bekasi, Uskar Satrya Erwinsyah.

"Sebenarnya, Barebow ini adalah basic dari olahraga panahan. Penggiatnya, rata-rata orang tua. Tapi, kami juga fokus membina atlet-atlet muda usia sekolah," katanya.

Uskar berharap agar ke depannya nomor Barebow ini bisa dipertandingkan di ajang Pekan Olahraga Nasional(PON).

"Saya berharap agar Barebow bisa dipertandingkan di ajang PON, karena pada PON I di Solo, nomor tradisional dipertandingkan. Rencananya, ke depan di kawasan Asia Tenggara juga akan dipertandingkan. Pasalnya, di kawasan ini jumlah atlet pun sudah menjamur," tandasnya.

Untuk mematangkan persiapan itu, Barebow Chapter Bekasi menggelar mini kompetisi dengan mempertandingkan Barebow jarak 50m dan 20m putra-putri di The Hub Equestrian and Archery Coffee, Cibubur, Minggu(23/10).

"Kompetisi ini diikuti 76 peserta putra-putri untuk jarak 50m dan 76 peserta putra-putri jarak 20m," paparnya.

Salah coach panahan, Andika mengatakan, bahwa The Hub Equestrian and Archery Coffee memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk olahraga panahan. Ia berharap, agar para orang tua yang memiliki hobi panahan agar membawa serta putra-putri untuk berlatih di tempat ini.

"Di sini juga terdapat fasilitas bagi para penggiat panahan Barebow baik untuk pemula yang ingin berprestasi," ungkapnya.



Simak Video "Teka-teki 'Kejutan' Jokowi di Rabu Pon 1 Februari, Soal Reshuffle?"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/ran)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT