Kompetisi Atletik Pelajar di Jawa Timur Catat Rekor Peserta

ADVERTISEMENT

Kompetisi Atletik Pelajar di Jawa Timur Catat Rekor Peserta

Tim Detikcom - Sport
Sabtu, 05 Nov 2022 05:12 WIB
Champion SAC Indonesia 2022
Foto: dok. Champion SAC Indonesia 2022
Jakarta -

Kompetisi atletik pelajar, Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022 kualifkasi Jawa Timur di Lapangan Atletik THOR Surabaya, 4-6 November, mencetak rekor jumlah peserta yang menembus angka 4.076 dari 373 sekolah.

Ribuan peserta tersebut, sebagaimana data yang diterima di Jakarta, Sabtu, tidak hanya berasal dari sekolah-sekolah di Surabaya, tetapi tak sedikit peserta yang datang dari luar Kota Pahlawan seperti dari Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Pamekasan, Blitar, Malang, Tulungagung hingga Bojonegoro.

Jumlah peserta SAC Indonesia 2022 kualifikasi Jawa Timur mencatatkan rekor jumlah peserta terbanyak dibandingkan empat wilayah kualifikasi yakni Bali-Nusa Tenggara di Mataram dengan 3.898 peserta, Yogyakarta 3.123 peserta, Papua di Mimika dengan 2.500 peserta, serta Kalimantan di Banjarmasin dengan 2.200 peserta.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Timur Pulung Chausar mengaku takjub dengan antusiasme peserta kompetisi yang diinisiasi oleh Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) bersama DBL Indonesia itu. Tak lupa, ia juga berterima kasih kepada orang tua, guru dan sekolah yang telah mendukung penuh siswa-siswinya untuk ikut berpartisipasi pada kompetisi atletik pelajar terbesar tersebut.

"Kami berharap kegiatan ini bisa rutin diselenggarakan tiap tahunnya," kata Pulung dalam keterangan pers.

Sementara itu, Founder & CEO DBL Indonesia Azrul Ananda kembali menggaungkan semangat berkompetisi dalam cabang olahraga atletik. Ia menyebut kompetisi atletik pelajar ini potensinya bisa lebih besar daripada basket. Karena atletik merupakan induknya semua cabang olahraga.

"Atletik ini juga skill dasar kehidupan dan seru sekali. Harapan kami, adik-adik ini pernah merasakan kompetisi. Pernah merasakan lari di lintasan internasional. Siapa tahu dari sini akan ada pemecah rekor dunia kelak," katanya.

Pada hari pertama kualifikasi Jawa Timur, ada satu rekor yang tercipta tepatnya dari nomor tolak peluru putri jenjang SMP yang diraih oleh siswi SMPN 24 Gresik bernama Naza. Tak tanggung-tanggung, tolakan terbaiknya berhasil mencapai 9,77 meter. Ia berhasil mengalahkan hasil tolakan peserta yang menjadi jawara pada Bali-Nusra Qualifiers, Papua Qualifiers, Yogyakarta Qualifiers dan Kalimantan Qualifiers.

Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022 nomor lari jarak pendek, 60 meter (SD), 80 meter (SMP) dan 100 meter (SMA). Kemudian lari estafet, 8x50 meter (SD), 5x80 meter (SMP), dan 4x100 meter (SMA). Juga ada lari jarak menengah, 800 meter (SMP) dan 1.000 meter (SMA).

Selain itu juga dipertandingkan dua nomor lapangan, seperti lompat jauh dan tolak peluru untuk pelajar tingkat SMP dan SMA. Bagi pelajar SD juga dilombakan Kids Athletics, yaitu kanga's escape dan formula one.

Para winner dan runner-up untuk tingkat SMA dari masing-masing wilayah Qualifiers akan diberangkatkan ke Jakarta pada 9-11 Desember untuk bersaing pada National Championship. Pemenang tingkat nasional nantinya akan diberangkatkan mengikuti pemusatan latihan ke fasilitas sports science di Australia.



Simak Video "Melihat Stadion Atletik Berstandar Internasional Milik Ciamis"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/bay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT