Daftar Aksesori Sepeda Gunung buat Tingkatkan Keamanan & Kenyamanan!

ADVERTISEMENT

Daftar Aksesori Sepeda Gunung buat Tingkatkan Keamanan & Kenyamanan!

Sponsored - Sport
Sabtu, 19 Nov 2022 10:24 WIB
Ilustrasi Olahraga Sepeda Gunung
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Bersepeda kembali jadi hobi banyak masyarakat Indonesia beberapa waktu belakangan. Tak hanya orang dewasa, anak-anak dan remaja juga tertarik dengan tren ini. Saking ramainya, kamu pasti pernah melihat rombongan pesepeda di akhir pekan, bukan?

Nah, agar aktivitas bersepeda tetap aman dan nyaman, tentunya penggunaan aksesori sepeda gunung perlu dipertimbangkan. Namun yang perlu diingat, penggunaan aksesori ini bukan hanya untuk tampilan semata tapi juga perlu memperhatikan fungsinya.

Lantas, apa saja aksesori sepeda gunung yang penting untuk diketahui? Simak daftarnya berikut ini!

Daftar Aksesori Sepeda Gunung Wajib

Dalam bersepeda, penggunaan beberapa aksesori di bawah ini bersifat wajib demi keamanan diri, antara lain.

1. Helm

Aksesori paling utama yang perlu kamu gunakan adalah helm. Aksesori ini berguna untuk melindungi kepala dari kemungkinan terburuk saat bersepeda di jalan, seperti kecelakaan. Gunakan helm dengan ukuran yang pas dan sesuaikan jenisnya dengan medan yang dilalui.

2. Jersey atau Baju Warna Terang

Guna memberikan tanda kepada pengendara lain di jalan, kamu perlu menggunakan jersey atau baju berwarna terang ketika bersepeda. Selain itu, penggunaan jersey atau baju berwarna terang juga berguna untuk mempercepat penyerapan dan pengeringan keringat.

3. Celana Sepeda

Aksesori wajib lainnya adalah celana sepeda. Kamu bisa memilih celana dengan bahan lentur yang memiliki padding atau busa pada bagian belakang. Hal ini berguna untuk mengurangi rasa sakit pada pantat saat bersepeda dalam waktu cukup lama.

4. Sarung Tangan

Sarung tangan atau gloves juga penting digunakan saat bersepeda untuk melindungi tangan dari sinar matahari dan kulit dari benturan saat terjatuh. Sarung tangan juga dapat menambah grip dan feel bersepeda serta membantu meredam getaran saat di jalan.

5. Lampu Sepeda LED

Aksesori berikutnya adalah lampu LED yang digunakan untuk memudahkan pengendara saat bersepeda di waktu senja, malam hari, hingga pagi hari. Lampu ini biasanya terdiri dari dua mode, yakni flashing (berkedip) dan standby (terus menyala).

Daftar Aksesoris Sepeda Gunung Opsional

Selain beberapa aksesori wajib di atas, kamu juga bisa mempertimbangkan penggunaan aksesoris bersifat opsional di bawah ini sesuai kebutuhan masing-masing.

1. Sepatu

Meskipun bersifat opsional, sepatu sangat penting untuk digunakan saat bersepeda. Tidak hanya memberikan kenyamanan saat mengayuh, sepatu juga berguna untuk melindungi kaki dari paparan sinar matahari dan mengurangi risiko terjadinya cedera.

2. Botol Minum

Aktivitas fisik dalam bersepeda tentu akan membuat tubuh kehilangan cairan. Untuk itu, membawa botol minum berisi air putih adalah cara terbaik untuk menghindari dehidrasi selama bersepeda. Gunakan botol minum khusus pesepeda agar muat di bottle cage.

3. Kacamata

Aksesori sepeda gunung berikutnya adalah kacamata. Aksesori ini akan melindungi mata dari paparan sinar matahari dan debu jalanan. Dengan begitu, aktivitas bersepeda akan menjadi lebih lancar dan nyaman.

4. Tas Mini

Jika sobat Shopee sering kehujanan saat bersepeda, maka tas mini dengan bahan waterproof dapat menjadi solusi yang tepat. Tas yang bisa disematkan di bagian batang sepeda atau di bawah saddle ini akan melindungi barang-barang penting yang tidak tahan air.

5. Saddle Cover

Jika kamu suka bersepeda dengan jarak cukup jauh, tidak ada salahnya untuk membeli saddle cover. Alat ini sangat berguna untuk membuat sadel menjadi lebih empuk sehingga kamu tidak akan merasa sakit walaupun sudah berkendara dalam waktu yang cukup lama.

6. Bel Sepeda

Bel sepeda bisa kamu gunakan untuk memberikan tanda kepada pengguna jalan lain bahwa kamu sedang melintas. Jadi, ketika melintasi jalanan yang ramai, kamu tidak perlu khawatir tentang cara memberikan tanda kepada orang lain agar mereka menyadari keberadaanmu.

7. Speedometer

Bila kamu ingin mengetahui perhitungan jarak dan kecepatan yang sudah ditempuh selama bersepeda, maka kamu perlu menambahkan speedometer dalam aksesori sepeda milikmu. Dengan alat ini, kamu juga bisa melihat jarak tempuh dan waktu yang digunakan bersepeda.

8. Pompa Sepeda Mini

Sebagai aksesori tambahan, kamu juga bisa menambahkan pompa sepeda mini untuk meminimalisir risiko ban kempes di jalan. Dengan bentuk yang kecil, pompa ini tidak akan terlalu banyak memakan tempat atau menambah beban sepedamu.

Beli Aksesori Sepeda Gunung Hanya di Shopee

Nah, itu dia beberapa daftar aksesori sepeda gunung di atas. Adakah yang belum kamu miliki? Jika ada beberapa produk yang menarik perhatian tapi kamu belum memiliki uang cash untuk membelinya sekarang, kamu bisa menggunakan fitur terbaru di Shopee lho!

Kini, kamu bisa mengajukan pinjaman online resmi di SPinjam dengan limit hingga Rp 12 juta. Menariknya lagi, dana pinjaman tersebut bisa langsung cair di hari yang sama dengan hari pengajuan pinjaman. Jadi, kamu bisa langsung menggunakan uang tersebut secepatnya.

Ada berbagai keuntungan lain saat belanja di Shopee. Tidak hanya mendapatkan barang terbaik dengan harga promo yang murah, ada juga berbagai voucher dan diskon yang bisa kamu dapatkan. Bahkan, kamu juga berkesempatan mendapatkan Gratis Ongkir Rp 0!

Tunggu apa lagi? Segera buka aplikasi Shopee milikmu dan beli berbagai aksesori sepeda gunung dengan dana pinjaman dari Spinjam. Selamat mencoba!

(Content Promotion/Shopee)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT