Ceyco Georgia Zefanya Target Final di Kejuaraan Asia Karate

ADVERTISEMENT

Ceyco Georgia Zefanya Target Final di Kejuaraan Asia Karate

Mercy Raya - Sport
Selasa, 22 Nov 2022 14:30 WIB
Ceyco Georgia Zefanya
Foto: Mercy Raya/detikSport
Jakarta -

Karateka putri Indonesia Ceyco Georgia Zefanya mengalihkan persiapannya ke Kejuaraan Asia di Uzbekistan, Desember ini. Ia ingin memperbaiki hasil dari Kejuaraan Karate Internasional WKF Series A akhir pekan lalu.

Seperti diketahui, karate Indonesia merebut 11 medali di Kejuaraan Karate Internasional WKF Series A yang berlangsung di Istora Gelora Bung Karno (GBK), pada 18-20 November 2022.Rinciannya, tiga emas, tiga perak, dan lima perunggu.

Dari jumlah medali tersebut, Ceyco menjadi salah satu penyumbang medali perunggu. Kepingan itu ia rebut saat bertanding di nomor female Kumite -68 kg.

Ceyco mengatakan di kejuaraan tersebut seharusnya ia bisa menapak final, namun akibat kesalahan-kesalahan yang dilakukan sendiri, sehingga ia pun harus puas menempati posisi ketiga.

"Kendala yang saya rasakan itu lebih ke masalah internal, artinya dari diri saya sendiri. Kesalahan-kesalahan yang saya lakukan, lalu pengendalian diri, mental itu masih harus dibenahi untuk kejuaraan selanjutnya yaitu di Kejuaraan Asia bulan depan," kata Ceyco kepada pewarta.

"Jadi kalau teknik sudah hampir oke. Sudah siap tapi secara pengontrolan emosi harus dibenahi lagi," ia mempertegas.

Kejuaraan Asia bertajuk 2022 AKF Senior, Cadet, Junior, U21 & Para-Karate Championship itu rencananya berlangsung di Tashkent, Uzbekistan. Ajang itu rencananya diselenggarakan pada 16-20 Desember ini.

"Di Uzbekistan saya mematok target bisa menembus final. Karena di Kejuaraan WKF kemarin gagal. Lalu kejuaraan AKF tahun lalu di Kazakhstan juga gagal, jadi ada keinginan bisa masuk final pada ajang bulan depan," kata Ceyco.

Ceyco pun berharap persiapan untuk membenahi nonteknis di pertandingan dapat segera diselesainya. Terlebih, ia sendiri juga sudah mengantongi peta kekuatan lawan-lawannya kelak.

"Dari kejuaraan WKF kemarin sudah cukup tahu letak peta kekuatan karateka-karateka negara lain seperti Kazakhstan, Hong Kong, Malaysia. Yang jelas aku ingin dapat menembus final karena waktu AKF 2019 bisa masuk final. Jadi aku ingin mengulang ke masa itu," kata Ceyco.

Ceyco di ajang 16th AKF Senior Championship 2019 sejatinya mendapat perak. Namun, pesaingnya Nodira Djumaniyazova didiskualifikasi dari event tersebut karena melanggar aturan doping. Dengan demikian, Ceyco berhak atas emas.

Lihat juga Video: Pangdam Jaya Resmikan Honbu Dojo Inkai Pusat, Berharap Karateka RI Bangkit

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT