8.000 Orang Ramaikan Pertamina Eco RunFest 2022

ADVERTISEMENT

8.000 Orang Ramaikan Pertamina Eco RunFest 2022

Angga Laraspati - Sport
Minggu, 27 Nov 2022 10:20 WIB
Pertamina Eco RunFest
Foto: detikcom/Jihaan Khoirunnisaa
Jakarta -

Matahari masih belum muncul di ufuk timur, tetapi beberapa orang sudah berkumpul di Istora Senayan, Jakarta, hari ini. Mereka semua datang untuk menjadi peserta lomba lari di acara Pertamina Eco Fest 2022.

Para peserta ini mengikuti 4 kategori yakni 1,5K Family Run yang dapat diikuti oleh anak (usia 7-12 tahun) dan juga pendamping (lebih dari 17 tahun), 5K Fun Run yang dapat diikuti oleh semua usia, 10K Race dengan kategori Pelajar (usia 13-17 tahun).

Ada juga umum (usia 18-44 tahun), dan Master (lebih dari 45 tahun). Ada pula kategori baru yakni ada Half Marathon 21K Race dengan kategori Umum (usia 18-44 tahun) dan Master (lebih dari 45 tahun).

Mereka pun mulai melahap trek lari secara bergantian, dimulai dari peserta 21K pada pukul 05.30 WIB. Antusias masyarakat untuk mengikuti acara ini pun sangat tinggi. Terbukti dari jumlah peserta yang mengikuti lomba lari terhitung kurang lebih sebanyak 8.000 orang.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati pun mengucapkan terima kasih kepada antusias masyarakat yang datang pada kegiatan ini.

"Tentu senang sekali karena ada 8.000 orang, itu pun sebenarnya kalau tidak dibatasi (tiketnya), masih banyak (pesertanya) gitu ya. Jadi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh rekan-rekan yang telah ikut dalam acara Eco Run ini," kata Nicke di Istora Senayan, Minggu (27/11/2022).

Nicke menuturkan 8.000 orang yang mengikuti kegiatan kali ini menjadi energi bagi Pertamina yang akan merayakan HUT ke-65 pada 10 Desember 2022 mendatang. Ia juga melihat animo masyarakat dalam kegiatan ini cukup tinggi, apalagi ada kategori 21K yang pertama kalinya diselenggarakan pada Eco Run Fest kali ini.

"Tadi seru banget kan, dari pagi jam setengah 6 itu 21K. Ini baru pertama kali ya biasanya tuh hanya sampai 10K. Tadi 21 kilometer tadi juga luar biasa saya lihat animonya. Dari pagi kita sudah di sini. Anak-anak juga pada ikut ambil yang 1,5 kilo, karena ini konsepnya untuk semua termasuk untuk family," imbuh Nicke.

Pertamina Eco Run FestPertamina Eco Run Fest (Foto: detikcom/Jihaan Khoirunnisaa)

Eco Run ini juga kembali dijalankan secara offline usai 2 tahun dilakukan secara virtual. Eco Run kali ini pun ditambahkan dengan Eco Fest yang menghadirkan beberapa musisi ternama seperti Gigi hingga Cokelat.

Nicke menjelaskan Eco Run Fest kali ini mengangkat tema sustainability dengan Pertamina memberikan beberapa edukasi untuk anak-anak terkait climate change. Karena itu, dalam kegiatan ini Pertamina juga memberikan edukasi kepada anak-anak perihal pengelolaan sampah.

"Jadi nanti ada bagaimana mengolah sampah, kita pilah. Untuk sampah basah kita jadikan kompos, sampah plastik kita kumpulkan. Ini macem-macem untuk dibuat pegangan tumbler, casing handphone dari sampah. Pertamina juga sudah mengolah sampah plastik menjadi BBM," ungkapnya.

Selain edukasi, lanjut Nicke, terdapat juga lomba UMKM yang menampilkan beberapa karya seni dari bahan reuse dan recycle. Sehingga, pada kegiatan ini konsep yang ingin ditampilkan adalah sustainable.

"Sustainability ini harus kita bangun dari segala aspek. Jadi nanti semua dana yang terkumpul ditambah lagi dari Pertamina kita akan dedikasikan dana ini untuk membangun 25 desa energi mandiri di 12 provinsi," ujarnya.

Dalam kegiatan ini Pertamina juga menyumbang bantuan sebesar Rp 5,6 M kepada Desa Energi Berdikari dan juga Rp 100 juta salah satu yayasan konservasi penyu di Cilacap.

Sebagai informasi, Pertamina menggelar Pertamina Eco RunFest hari ini di Istora Senayan, Jakarta. Acara tersebut diisi dengan sejumlah kegiatan seperti lomba lari, festival ramah lingkungan, bazar (Eco-Market) dan konser musik (Energizing Music Festival).

Acara ini mengusung tema 'Energizing The Great Start' yang bertujuan untuk menyalakan energi positif melalui gaya hidup berkelanjutan (sustainable living).

Pertamina turut menyediakan hiburan yang bakal diisi oleh 20 musisi ternama Tanah Air seperti Cokelat, Gigi, Rossa, Rizky Febian, Marion Jola, JKT48, RAN, Maliq & D'essentials, Pusakata, Hivi!, The Changcuters, Oom Leo Berkaraoke x Ello x Cantika Abigail, Lalahuta x Jaz, Rendy Pandugo, Soegi Bornean, Dekat Band, dan Riri Moeya.



Simak Video "Pertamina Talks Episode 3: Mypertamina Solusi Untuk Penyaluran Energi Tepat Sasaran"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT