Jokowi Beri Bonus Peraih Medali ASEAN Para Games 2022 Total Rp 309 M

ADVERTISEMENT

Jokowi Beri Bonus Peraih Medali ASEAN Para Games 2022 Total Rp 309 M

Mercy Raya - Sport
Senin, 28 Nov 2022 11:10 WIB
Jakarta -

Presiden RI Joko Widodo menyambut para atlet ASEAN Para Games 2022 di Istana Negara, sekaligus memberikan bonus kepada peraih medali. Total bonus yang diberikan Rp 309 miliar.

Seremoni pemberian apresiasi itu dilakukan oleh Jokowi dengan didampingi oleh para menteri kabinet Indonesia Maju, salah satunya Menpora Zainudin Amali, juga para pengurus National Olympic Committee (NPC) Indonesia, di Halaman Depan Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin (28/11/2022).

"Pertama-tama saya ingin menyampaikan penghargaan, apresiasi, atas prestasi yang bapak ibu, saudara-saudara raih dalam ASEAN Para Games ke-11 di Kota Solo," kata Jokowi memulai kata sambutannya, seperti dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden.

"Medali yang diraih adalah 425 medali. 175 medali emas, 144 medali perak, dan 106 medali perunggu. Ini adalah sebuah angka, jumlah yang sangat banyak."

"Atas motivasi dan kerja keras bapak ibu dan saudara-saudara sekalian, pemerintah memberikan apresiasi bonus sebesar Rp 309 miliar. Nanti membaginya seperti apa Pak Menpora," ujarnya.

"Seingat saya yang emas Rp 500 juta. Jumlah yang tidak sedikit lo atas prestasi yang bapak ibu dan saudara-saudara berikan kepada negara. Ini adalah sebuah kebanggaan bagi kita semuanya, menginpirasi semuanya, bahwa kita bisa menjadi juara umum di ASEAN Para Games ke-11 di kota Solo," tuturnya.

Orang nomor satu di Indonesia itu pun berharap prestasi atlet-atlet Indonesia tidak hanya berhenti di ASEAN Para Games kali ini saja. Melainkan terus berlanjut dan lebih baik pada edisi-edisi berikutnya.

"Semoga ASEAN Para Games yang ke-12, ke-13 terus raihan prestasi ini bisa kita pertahankan. Sekali lagi saya mengucapkan selamat atas prestasi yang telah bapak ibu dan saudara-saudara," Jokowi mengharapkan.

ASEAN Para Games 2022 dihelat di Solo para 30 Juli hingga 6 Agustus lalu. Dari ajang ini, Indonesia menjadi juara umum dengan perolehan total medali terbanyak dari 11 negara yang berpartisipasi.

Di bawah Indonesia, menyusul Thailand dan Vietnam yang menempati peringkat kedua dan ketiga dengan torehan medali 318 keping (117 emas, 113 perak, 88 perunggu) dan 182 keping (65 emas, 62 perak, 55 perunggu).

(mcy/rin)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT