Hasil Kejurnas Voli Junior 2022: Jatim dan Jabar Rebut Gelar Juara

ADVERTISEMENT

Hasil Kejurnas Voli Junior 2022: Jatim dan Jabar Rebut Gelar Juara

Mercy Raya - Sport
Senin, 19 Des 2022 13:25 WIB
Kejuaraan Nasional Voli Junior 2022 telah rampung digelar. Jawa Timur menjadi juara dari kategori tim putra, sementara Jawa Barat kantongi gelar tim putri.
Foto: Dok. PBVSI
Jakarta -

Kejuaraan Nasional Voli Junior 2022 telah rampung digelar. Jawa Timur menjadi juara dari kategori tim putra, sementara Jawa Barat kantongi gelar tim putri.

Memasuki babak final yang berlangsung di GOR Candradimuka Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, pada Minggu (18/12/2022), Jawa Timur sejatinya meloloskan tim putra dan tim putri di partai puncak.

Namun, salah satu dari kedua tim tak mampu mengatasi lawannya. Tim putri Jawa Timur harus mengakui keunggulan dari Jawa Barat usai kalah 1-3 (25-22, 25-27, 29-31, 21-25) di final Kejurnas Voli Junior 2022.

Kekalahan tim putri Jatim atas Jabar sekaligus kegagalan Jatim mempertahankan gelar juara yang diraih pada 2019 lalu, juga kegagalan meraih juara untuk kali ketiga secara beruntun.

"Anak-anak kurang bersemangat. Seperti tidak ada gairah di lapangan. Waktu makan pun anak-anak sudah kelihatan kurang bersemangat. Tapi saya akui Jabar main bagus," kata Niko Purwanto dalam keterangan tertulisnya.

Sementara itu, pelatih Jabar, Herry Siswanto mengatakan sudah mempelajari permainan sang juara bertahan Jatim. "Kami mengatasi permainan dari Jatim dengan melakukan blok-blok mereka," ujarnya.

Kejuaraan Nasional Voli Junior 2022 telah rampung digelar. Jawa Timur menjadi juara dari kategori tim putra, sementara Jawa Barat kantongi gelar tim putri.Kejuaraan Nasional Voli Junior 2022. Foto: Dok. PBVSI

Tim putra Jatim sendiri tak terpengaruh dengan kegagalan tim putri. Hal itu dibuktikan melalui keberhasilan mereka mengalahkan tim Daerah Istimewa Yogyakarta di partai final di hari yang sama.

Tim asuhan Lardi itu tampil trengginas sejak set awal. Tak ayal, Jatim Putra berhasil mengalahkan DIY dengan skor 3-0 (25-15, 25-22, 25-20).

"Anak-anak tampil luar biasa. Kesalahan yang dilakukan sebelumnya bisa diperbaiki," kata Lardi.

Sedangkan pelatih DIY Suwido mengakui jika timnya kesulitan melakukan perlawanan lantaran bomber DIY, Imam Mahdi, mengalami cedera.

"Kami tampil antiklimaks. Tidak seperti biasa. Jatim tampil luar biasa. Kami sulit memberikan perlawanan," kata Suwido.

Atas keberhasilan tim Jatim Putra menjuarai Kejurnas Voli Junior 2022, selain menerima piala dan piagam, juga mendapat hadiah uang pembinaan sebesar Rp 14 juta. Sementara untuk runner up meraih hadiah sebesar Rp 7,5 juta, peraih peringkat ketiga Rp 5 juta, dan Jawa Tengah Rp 3,5 juta.

Berikut hasil Kejurnas Voli Junior 2022:

Tim Putra

  • Juara Jawa Timur Rp 14 juta
  • Runner up Daerah Istimewa Aceh Rp 7,5 juta
  • Peringkat ketiga Jawa Tengah Rp 5 juta
  • Peringkat empat DKI Jakarta Rp 3,5 juta

Tim Putri

  • Juara Jawa Barat Rp 14 juta
  • Runner up Jawa Timur Rp 7,5 juta
  • Daerah Istimewa Yogyakarta Rp 5 juta
  • Jawa Tengah Rp 3,5 juta

Simak juga Video: Silaunya Pesona Atlet Voli Turki Zehra Gunes di Olimpiade

[Gambas:Video 20detik]




(mcy/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT