Target Rahmat Erwin Tahun 2023: Pecahkan Rekor Angkatan Total!

ADVERTISEMENT

Target Rahmat Erwin Tahun 2023: Pecahkan Rekor Angkatan Total!

Mercy Raya - Sport
Jumat, 23 Des 2022 08:29 WIB
Rahmat Erwin Abdullah dalam acara Kaleidoscope 2022 and what next year on 2023 di Kantor NOC Indonesia, Jakarta, Kamis (22/12).
Lifter Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah. (Foto: NOC Indonesia/Naif Al'As)
Jakarta -

Lifter nasional Rahmat Erwin Abdullah mengaku cukup puas dengan pencapaiannya di tahun 2022. Tapi ia masih penasaran memecahkan rekor untuk total angkatan.

Hal itu diungkapkan Rahmat dalam acara Kaleidoscope 2022 and what next year on 2023 di Kantor NOC Indonesia, Jakarta, Kamis (22/12).

Rahmat selain menjadi juara dunia, ia juga meraih medali emas di SEA Games Vietnam 2021, serta meraih medali perak di Kejuaraan Asia 2022, Manama, kelas 81 kg putra.

"Ya Alhamdullilah bagus sih. Sudah bagus. Walaupun masih ada sedikit (kurang) karena Kejuaraan Dunia di Bogota kemarin termasuk perhitungan kualifikasi Olimpiade juga. Jadi walaupun kurang sedikit tapi kan belum maksimal," kata Rahmat Erwin Abdullah.

Rahmat meraih dua medali emas di Kejuaraan Dunia Angkat Besi di Bogota, Kolombia, awal Desember lalu. Kepingan itu ia peroleh dari angkatan clean and jerk dan total angkatan di kelas 73 kg putra.

Angkatan clean and jerk Rahmat Erwin menembus 200 kg. Angka itu menjadi rekor baru setelah empat tahun lamanya rekor itu dipegang oleh lifter China, Shi Zhiyong.

Shi mencetak angka itu saat bertanding di Kejuaraan Dunia Angkat Besi di Tianjin, China, pada 2019. Sementara untuk angkatan total, Rahmat Erwin membukukan angkatan total seberat 352 kg.

Pada angkatan snatch, Rahmat harus puas berada di peringkat keempat setelah hanya mampu mengangkat angkatan terbaik 152 kg. Ia dikalahkan kompatriotnya, Rizki Juniansyah, yang mampu merebut medali emas di angkatan snatch terbaik 155 kg.

"Ya, inginnya memecahkan rekornya lagi. Masih ada satu lagi untuk memecahkan rekor totalnya. Di mananya? Pokoknya yang termasuk kualifikasi (olimpiade)," kata Rahmat Erwin.

Di kelas 73 kg, untuk rekor angkatan snatch masih dipegang Shi Zhiyong yaitu 169 kg, dan total angkatan seberat 364 kg. Rekor itu masing-masing diciptakan Shi Zhiyong di Kejuaraan Asia Tashkent, Uzbekistan, 20 April 2021 dan Olimpiade di Tokyo, Jepang, pada 28 Juli 2021.

Mewujudkan itu, peraih medali emas SEA Games 2021 ini mengakui tak akan mudah. Untuk itu, dibutuhkan kedisiplinan dan kontrol diri yang bagus.

"Kuncinya sabar dan disiplin. Itu saja. Sabar dalam semua hal karena namanya usia masih muda, inginnya main ini, ingin makan ini, belum lagi nanti kalau kejuaraan 'aduh enggak sabar ingin tanding' begitu. Jadi harus lebih dikontrol lagi emosinya," Rahmat mengungkapkan.

"Selain itu, semangat juga harus dikeluarkan di saat yang tepat," tuturnya.

Simak juga Video: Atlet Indonesia Raih Emas di Kejuaraan Angkat Besi Dunia

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/bay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT