Bernard dan Ayu Akan Tampil di Kejuaraan Balap Sepeda Trek UCI 2023

ADVERTISEMENT

Bernard dan Ayu Akan Tampil di Kejuaraan Balap Sepeda Trek UCI 2023

Mercy Raya - Sport
Selasa, 27 Des 2022 18:20 WIB
Dua pebalap sepeda Indonesia, Bernard Benyamin Van Aert dan Ayustina Priatna, dipastikan tampil di Kejuaraan Balap Sepeda Trek UCI atau UCI Track Nations Cup 2023.
Foto: Dok. PB ISSI
Jakarta -

Dua pebalap sepeda Indonesia, Bernard Benyamin Van Aert dan Ayustina Priatna, dipastikan tampil di Kejuaraan Balap Sepeda Trek UCI atau UCI Track Nations Cup 2023.

Hal itu disampaikan Kepala bidang Pembinaan Prestasi Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI), Budi Saputra. Ia menyebut ada dua pebalap yang lolos sementara ini, yaitu Bernard dan Ayu dari nomor Omnium putra dan Omnium putri.

Bernard dan Ayu lolos setelah memenuhi persyaratan minimal 250 poin untuk mengikuti kejuaraan yang berlangsung di Jakarta International Velodrome, Jakarta, 23-26 Februari 2023. Bernard berada di peringkat ketujuh dengan 1.659 poin, dan Ayu berada di peringkat ke-27 usai mengoleksi 1.052 poin.

"Untuk pebalap lainnya, kami akan bersurat kepada UCI untuk memberikan kuota," kata Budi kepada detikSport, Selasa (27/12/2022).

Dua pebalap sepeda Indonesia, Bernard Benyamin Van Aert dan Ayustina Priatna, dipastikan tampil di Kejuaraan Balap Sepeda Trek UCI atau UCI Track Nations Cup 2023.Dua pebalap sepeda Indonesia, Bernard Benyamin Van Aert dan Ayustina Priatna, dipastikan tampil di Kejuaraan Balap Sepeda Trek UCI atau UCI Track Nations Cup 2023. Foto: Dok. PB ISSI

Budi meyakini Indonesia dapat menambah kuota atletnya di ajang yang merupakan kualifikasi pertama Olimpiade 2024 di Paris berdasar saran dari Head of Track UCI Gilles Peruzzi. Gilles menyarankan agar Indonesia menjelaskan kepada UCI melalui surat resmi saat melakukan tanda tangan kontrak Nations Cup Jakarta sekitar akhir November lalu.

"Kami sudah mengikuti tiga event untuk mengejar 250 poin tersebut, seperti mengikuti event di Malaysia, lalu National Championship di Solo, dan ada satu event lagi yang kami adakan, tapi ternyata masih kurang poinnya, sehingga UCI menyarankan agar kami bersurat," kata Budi.

"Sementara untuk menuju ajang yang lain tidak mungkin jika atlet terbang terlalu jauh, sangat mepet waktunya dengan event Nations Cup tersebut. Jadi kemungkinan ada kebijakan dari UCI," dia menambahkan.

"Sejauh ini yang poinnya sudah mendekati (250) Wiji Lestari, Ratu Afifah Nur Indah, dan Dika, serta Liontin (Evangelina Setiawan). Mereka yang akan kami ajukan saat bersurat dengan UCI bulan depan," tuturnya.

Sambil menunggu surat tersebut dikirimkan, PB ISSI sebut Budi, juga tengah mempersiapkan tim sprint dan tim persuit untuk mengikuti ajang tersebut.

"Atletnya sudah ada tinggal kami seleksi. Jika catatan waktunya bagus maka dapat kami daftarkan (di Nations Cup). Yang jelas, sejauh ini persiapan para atlet bagus. Mereka terus berlatih sampai saat ini."

"Semoga momentum Nations Cup dapat semakin berkembang, terutama nomor trek karena kita punya velodrome terbaik di dunia," Budi mengharapkan.

Tonton juga Video: Momen Polisi Tegur Pesepeda Ngeyel yang Keluar Jalur di Thamrin

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT