Tiga Wakil Indonesia Masuk Jajaran Pengurus Federasi Angkat Besi Asia

ADVERTISEMENT

Tiga Wakil Indonesia Masuk Jajaran Pengurus Federasi Angkat Besi Asia

Mercy Raya - Sport
Minggu, 08 Jan 2023 12:50 WIB
Sonny Kasiran
Foto: PP Pabsi/Istimewa
Jakarta -

Tiga Pengurus Besar Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI) masuk dalam jajaran Federasi Angkat Besi Asia (AWF). Mereka ialah Sonny Kasiran, Hadi Wihardja, dan Louise Kartika Indah Manurung.

Dalam keterangan tertulis PB PABSI, Minggu (8/1/2022), dijelaskan masa kepengurusan Federasi Angkat Besi Asia alias Asian Weightlifting Federation (AWF) seharusnya berakhir pada 2019 lalu.

Namun konstitusi yang mengharuskan Pemilihan Pengurus Federasi Internasional lebih dulu digelar, tertunda karena banyaknya kasus doping sehingga IOC (International Olympic Committee) mengharuskan IWF (International Weightlifting Federation) memperbaiki peraturan sehingga diundur.

Belum lagi, kasus pandemi COVID-19 yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir sehingga membuatnya semuanya ikut tertunda. Dengan begitu, kepungurusan itu pun baru resmi berakhir pada 4 Januari lalu dan dilakukan pemilihan untuk kepengurusan AWF masa bakti 2023 - 2027 pada 5 Januari lalu.

Dihadiri 43 Negara anggota AWF dan satu negara (Korea Utara) yang hadir secara daring karena ketatnya peraturan pemerintahnya dan dihadiri pengurus teras International Weighlifting Federation(IWF) telah memilih kepengurusannya.

Salah tiganya berasal dari Indonesia. Mereka yaitu Sonny Kasiran sebagai anggota Komisi Tehnik,Hadi Wihardja didapuk sebagai anggota Komisi Riset & Kepelatihan), sertaDr. Louise Kartika Indah Manurung didaulat menjadi anggota Komisi Medis.

Ketiganya, didaulat sebagai pengurus padaPada Pemilihan Kepengurusan AWF yang dilaksanakan di Ball Room Hotel Radisson, Doha, Qatar, pada 5 Januari lalu.

Sebelum pelaksanaan Pemilihan Kepengurusan AWF tersebut, dilaksanakan dua Kejuaraan sekaligus yaitu Qatar Cup yang ke tujuh dan Kejuaraan Asia Barat yang berlangsung dari 31 Desember hingga 3 Januari 2023 di tempat yang sama.

Indonesia tidak mengirim Tim untuk bertanding karena Kejuaraan tersebut bukan Seri Kualifikasi Olimpiade Paris 2024 selain atlet dan Pelatih sedang libur akhir tahun.Akan tetapi Sonny Kasiran ditunjuk langsung sebagai Technical Official pada Kejuaraan tersebut.

Pada Acara Penutupan Kejuaraan tersebut Sonny Kasiran mendapat Apresiasi Penghargaan dan ucapan terimakasih dari Presiden AWF Mohamed Yousef Almana.

(mcy/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT