Timnas Hoki Indoor Putra Indonesia Kalahkan Peringkat 1 Dunia

ADVERTISEMENT

Timnas Hoki Indoor Putra Indonesia Kalahkan Peringkat 1 Dunia

Randy Prasatya - Sport
Senin, 09 Jan 2023 21:19 WIB
Hoki Indonesia
Foto: dok. Hoki Indonesia
Jakarta -

Timnas Hoki Indoor Putra Indonesia Kalahkan Peringkat 1 Dunia

Prestasi hoki Indoor Putra Indonesia membuat kejutan. Skuad Merah Putih mengalahkan Austria yang merupakan peringkat 1 dunia di Rohrmax Cup 2023.

"Penampilan anak-anak luar biasa. Bukan hanya dalam membangun serangan tetapi juga dalam pertahanan. Ini merupakan prestasi luar biasa sekaligus sejarah pertama kali Indonesia tampil mengalahkan Austria yang menduduki peringkat 1 dunia dan Belgia yang menempati peringkat 8 dunia," kata Sekjen Pengurus Pusat Federasi Hoki Indonesia (PP FHI), Yasser Arafat Suaidy.

Dalam pertandingan perdana yang berlangsung di Vienna, Austria, Kamis, 5 Januari 2023, tim asuhan pelatih asal Malaysia, Muhammad Dharmaraj menang atas tuan rumah, Austria dengan skor 3-2.

Tiga gol kemenangan Indonesia masing-masing dicetak M Alfiana dengan dua gol dan Candra Juli P dengan satu gol. Sedangkan dua gol balasan Austria masing-masing dicetak Nyckawiak dan Hald Florian.

Pada laga kedua yang digelar Sabtu, 8 Januari 2023, Timnas Hoki Indoor Putra Indonesia mengalahkan Belgia dalam pertarungan ketat dengan skor 4-3.

Kapten Timnas Hoki Indoor Putra Indonesia, Prima Santoso mencetak dua gol sedangkan Revo Prirandro dan Candra Juli P masing-masing mencetak satu gol. Dua gol balasan Belgia dicetak Dykjans Gaetan, Englebert Dylan dan Simar Philippe.

Menurut Yasser Arafat Suaidy, Timnas Hoki Indoor Putra dan Putri Indonesia sengaja diterjunkan pada Rohrmax Cup 2023 dalam rangka menaikkan peringkat dan juga menambah jam terbang untuk menghadapi SEA Games 2023 Kamboja dan Asian Indoor Martial Arts Games 2023 Thailand.

"Timnas Hoki Indonesia butuh ujicoba turnamen internasional. Makanya, kita memilih Rohrmax Cup 2023 sebagai ajang uji coba dan menambah jam terbang. Kesuksesan ini bisa dijadikan modal untuk bisa memenuhi target medali emas pada SEA Games 2023 Kamboja dan juga AIMAG 2023 Thailand," tegas Yasser Arafat Suaidy.

Prestasi yang dicapai Hoki Indonesia yang belum masuk dalam daftar cabang olahraga Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) ini tidak terlepas dari komitmen dan pengorbanan Ketua Umum PP FHI, Mayjen TNI Budi Sulistijono dan Yasser Arafat Suaidy.

Bukan hanya prestasi di Indoor saja yang sudah menembus Piala Asia 2022, tetapi Timnas Hoki Outdoor Putra dan Putri Indonesia juga sukses meraih tiket ke Asian Games 2023 Hangzhou.

"Cabor hoki punya potensi untuk bisa meraih prestasi Asia dan dunia. Itu sudah dibuktikan Timnas Indoor putri dengan meraih peringkat 2 dan Timnas Indoor putra menempati posisi 4 besar di Piala Asia di Bangkok Thailand, September 2022 kemarin. Makanya, kami berharap Kemenpora terus memberikan dukungan terhadap Timnas Hoki Indonesia sehingga bisa meraih prestasi lebih baik ke depannya," imbuh Yasser Arafat Suaidy.

"Penampilan Timnas Hoki Indoor Putra dan Putri Indonesia pada final Piala Asia 2022 merupakan sejarah. Begitu juga Timnas Hoki Indonesia tampil di Asian Games dengan meraih tiket melalui babak kualifikasi," tambahnya.

Dengan kesuksesan di Piala Asia 2022 itu, Timnas Hoki Putra Indonesia yang sebelumnya tidak ada dalam peringkat kini menempati peringkat ke-33 sedangkan Timnas Indoor Putri Indonesia di peringkat ke-18 dunia.



Simak Video "Erick: Sepakbola Nomor 1 di RI, Tapi Dikotori oleh Kita Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/mrp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT