DetikSport
Sabtu 01 Maret 2008, 00:29 WIB

Catur Ukraina

Irene Pimpin Turnamen

- detikSport
Irene Pimpin Turnamen
Kharkov - Setelah melihat tidak ada lagi langkah baik yang bisa dimainkan, pecatur putri Indonesia MIW Irene Kharisma Sukandar (2266) terpaksa menerima tawaran remis GMW Anastasia Karlovich (Ukraina, 2198) di babak kedua , Kamis 28\/2\/2008) waktu setempat.

Namun hasil itu cukup memimpin klasemen turnamen catur Piala Rektor Akademi Hukum Nasional Ukraina. Sebetulnya Irene punya peluang untuk mendapatkan posisi lebih baik kalau pada langkah ke-11 ia mainkan d5 bukannya kuda ke c6.

"Saya sempat memikirkan langkah tersebut tapi setelah menghitung beberapa alternatif lainnya, lanjutan itu justru jadi terlupakan," ungkap Irene dalam rilis yang diterima detiksport<\/strong>, Jumat (29\/2\/2008).

Akibatnya, walau menang satu bidak tetapi posisinya terkunci dan pasif. Gajahnya di c8 tidak bisa keluar karena bidaknya di d7 dan b7 sulit digerakkan. Bidak f7-nya juga terus dalam tekanan berat lawan.

Oleh karenanya ketika Anastasia menawarkan remis pada langkah ke-19, Irene hanya berpikir lima menit untuk kemudian menerimanya. Walau jumlah langkahnya tergolong pendek, namun total waktu pikir yang dihabiskan kedua pemain lebih dari tiga jam.

"Hasil remis dalam posisi seperti itu saya pikir sudah cukup bagus," komentar sang pelatih GM Valerij Aveskulov.

Babak ketiga dan keempat yang dimainkan Jumat (29\/2\/2008) waktu setempat, Irene dengan buah putih jumpa GMW Evgeniya Doluhanova (Ukraina) pukul 11.00 atau pukul 16.00 WIB kemudian dengan buah hitam jumpa MIW Olena Dvoretska (Ukraina) pukul 16.00 atau pukul 21.00 WIB.


Hasil pertandingan lainnya: <\/strong>

GMW Evgeniya Doluhanova (Ukraina)-MFW Galina Breslavska (Ukraina) 0,5-0,5; MIW Olena Dvoretska (Ukraina)- Elena Ostroverkhova (Ukraina) 0,5-0,5;
MFW Irina Bulmaga (Moldova)-Georgia Grapsa (Yunani) 1-0;
GMW Oksana Vozovic (Ukraina) - Elisaveta Borisova (Rusia) 1-0.

Klasemen sementara:<\/strong>
1-3. MIW Irene Kharisma Sukandar (Indonesia),
GMW Evgeniya Doluhanova (Ukraina), MFW Irina Bulmaga (Moldova) 1,5; 4-7. GMW Anastasia Karlovich (Ukraina), GMW Oksana Vozovic (Ukraina), MIW Olena Dvoretska (Ukraina), Georgia Grapsa (Yunani) 1; 8-10.
MFW Galina Breslavska (Ukraina), Elena Ostroverkhova (Ukraina), Elisaveta Borisova (Rusia) 0,5 angka.


(key/key)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed