DetikSport
Rabu 05 Maret 2008, 23:56 WIB

Irene Juara di Ukraina

- detikSport
Irene Juara di Ukraina
Kharkov - Irene Kharisma Sukandar mencatat prestasi fenomenal saat tampil sebagai juara di turnamen Piala Rektor Akademi Hukum Nasional Ukraina. Irene menjadi pecatur putri pertama Indonesia yang jadi kampiun di Eropa

Perjalanan Irene menjadi juara di turnamen catur internasional Piala Rektor Akademi Hukum Nasional Ukraina yang berlangsung di Kharkov, Ukraina, terbilang menegangkan. Sempat memimpin sendirian, kemudian tersendat-sendat, Irene akhirnya tampil sebagai yang terbaik.

Irene pada babak terakhir Selasa (4\/3\/2008) berhasil menaklukkan pecatur tuan rumah Elena Ostroverkhova pada langkah ke-41 pertahanan Sisilia Kalashnikov. Irene tampil sempurna dalam menjalankan langkah-langkah posisional setelah unggul satu bidak pada langkah ke-20. Demikian rilis yang diterima detiksport<\/strong>.

Kemenangan tersebut membuat Irene mengantongi 6 VP menyamai angka yang dikumpulkan oleh pecatur tuan rumah lainnya, MFW Galina Breslavska yang pada babak terakhir dikalahkan GMW Anastasia Karlovich. Irene unggul dalam nilai tie-break<\/em> yang menggunakan sistem Sonenborn Berger (SB), salah satu faktornya karena head to head<\/em> Galina dikalahkan Irene. Nilai SB Irene 25,50 sedang Galina cuma 23,25.

Kemenangan tersebut juga merupakan sejarah karena Irene menjadi putri Indonesia pertama yang mampu menjuarai turnamen catur internasional di Eropa, pusatnya catur dunia. Selama ini cuma dua pecatur putra yang mampu melakukan itu, yaitu GM Utut Adianto yang sudah beberapa kali menjuarai turnamen open di Eropa dan GM Susanto Megaranto sekali juara bersama di turnamen open di Spanyol.


Klasemen akhir: <\/strong>
1. MIW Irene Kharisma Sukandar (Indonesia) 6 VP
2. MFW Galina Breslavska (Ukraina) 6 VP
3. GMW Anastasia Karlovich (Ukraina) 5,5 VP
4. GMW Oksana Vozovic (Ukraina) 5,5 VP
5. GMW Evgeniya Doluhanova (Ukraina) 5 VP
6. Elisaveta Borisova (Rusia) 4,5 VP
7. Elena Ostroverkhova (Ukraina) 3,5 VP
8. MIW Olena Dvoretska (Ukraina) 3,5 VP
9. Georgia Grapsa (Yunani) 3 VP
10. MFW Irina Bulmaga (Moldova) 2,5 VP

Foto:<\/strong> Irene berpose sebelum bertanding. (Kristianus Liem\/ist)


(din/din)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed