detiksport
Follow detikSport
Sabtu, 05 Jul 2008 20:36 WIB

Presiden SBY Buka PON XVII

- detikSport
Samarinda - Gelaran PON XVII secara resmi dibuka Presiden Susilo Bambang Yudho, Sabtu (5/7/2008). Bertempat di Stadion Palaran, Samarinda, event olahraga terbesar di tanah air itu resmi dimulai.

Didampingi Ibu Ani dan Mennegpora Adhyaksa Dault, Presiden SBY secara simbolis membuka PON XVII dengan menekan tombol sirene. Beberapa kembang api yang dipasang mengelilingi stadion menyemarakkan acara yang dimulai sekitar pukul 18.00 WIB itu.

Meski baru resmi dibuka hari ini, beberapa cabang olahraga sudah mulai dipertandingkan sejak 1 Juli lalu. Dua medali emas bahkan sudah diraih Propinsi Jawa Barat melalui cabang catur. PON kali ini dijadwalkan akan dilangsungkan hingga 17 Juli mendatang.

Akan ada 43 cabang olahraga yang akan diperlombakan dalam PON yang untuk kali pertama di gelar di Kalimantan Timur ini. Sementara untuk venue pertandingan tersebar di beberapa kota mulai dari Samarinda, Balikpapan, Kutai Kartanegara, Bontang, Berau dan Tarakan.

Acara pembukaan dimulai dengan defile seluruh kontingan dari 33 propinsi yang berlanjut dengan sambutan-sambutan termasuk dari Presiden SBY. Sementara itu penyulutan api kaldron, yang merupakan acara puncak, dilakukan oleh atlet taekwondo Kalimantan Timur, Alfons T Liung.

Acara dilanjutkan dengan tarian kolosal yang melibatkan ratusan seniman dan ditutup dengan pesta kembang api yang kabarnya berjumlah seribu ledakan dan didatangkan langsung dari Cina.

(din/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed