detiksport
Follow detikSport
Kamis, 31 Jul 2008 03:06 WIB

IOC Cabut Sanksi Irak

- detikSport
Beijing - Nama Irak kembali muncul sebagai salah satu kontestan di Olimpiade 2008 setelah Komite Olimpiade Internasional mencabut sanksi pencekalan yang mereka jatuhkan.

Seperti diberitakan sebelumnya, IOC melarang Irak mengirimkan atletnya ke Beijing 2008 menyusul intervensi pemerintah terhadap kegiatan olahraga di negara tersebut. Itu terjadi setelah beberapa bulan sebelumnya pemerintah Irak membubarkan Komite Olimpiadenya.

Namun kini atlet dan publik Irak bisa bernapas lega setelah IOC mencabut sanksi tersebut. Keputusan tersebut diambil setelah diadakan pertemuan dengan perwakilan Irak yang menjanjikan diadakannya pemilihan ulang yang bebas dari intervensi pemerintah.

"Kami terus berupaya untuk melihat bendera Irak di Beijing. Saya menghargai pemerintah Irak yang telah mencapai kesepakatan untuk memberi pelayanan pada atlet-atlet Irak. Sudah kami katakan sebelumnya kalau kami ingin melihat atlet Irak di Beijing," ungkap Presiden IOC, Jacques Rogge.

Meski diperbolehkan mengirim kontingennya, Irak tetap harus kehilangan beberapa cabang olahraga lantaran batas waktu pendaftaran atlet sudah terlewati. Meski begitu beberapa cabang olahraga ada juga yang memberi kompensasi dengan masih membuka peluang atlet Irak berpartisipasi.

Prestasi Irak di Olimpiade tak pernah memuaskan. Sejak pertama kali berpartisipasi di Olimpiade 1948, raihan terbaik mereka hanyalah medali perunggu.

(din/roz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed