Pesta di \'Sarang Burung\' Dimulai

ADVERTISEMENT

Olimpiade Beijing

Pesta di 'Sarang Burung' Dimulai

- Sport
Jumat, 08 Agu 2008 20:03 WIB
Beijing - China menunjukkan kekuatannya di tanggal 8 bulan delapan tahun 2008. Upacara pembukaan Olimpiade Beijing, yang saat ini sedang berlangsung, menyuguhkan atraksi kolosal luar biasa yang menakjubkan.

Dimulai pukul 18.15 waktu setempat, stadion "Sarang Burung" membuka sebuah perhelatan akbar dari sebuah negara sangat besar, yang berpenduduk 1,3 miliar, yang selama tujuh tahun mempersiapkan diri untuk menggelar Olimpiade musim panas ke-29.

"Momen bersejarah yang sudah lama kita nanti-nantikan telah datang," demikian ujar Presiden Hu Jintao kepada para pemimpin dunia termasuk Presiden AS George W. Bush saat acara welcome lunch.

"Dunia tak pernah membutuhkan sikap saling memahami, toleransi, dan kerja sama yang menguntungkan sebanyak hari ini."

Lebih dari 80 pemimpin dunia menghadiri upacara pembukaan di Bird's Nest Stadium yang fantastis itu.

Sejak terpilih untuk menggelar hajatan raksasa ini, dengan semua mega fasilitas dan infrastruktur yang dibangun, China berinvestasi hingga 43 miliar dolar AS (Rp 396 triliun). Sekitar 100 juta dolar (Rp 900 miliar) dianggarkan hanya untuk upacara pembukaan dan penutupan, dan jumlah ini dua kali lipat dari dana Olimpiade sebelumnya di Athena, Yunani.

Tercatat sekitar 14 ribu penampil dan 29 ribu kembang api menyemarakkan seremoni yang menakjubkan. Sutradara film Zhang Yimou, yang dulu pernah dicekal oleh pemerintah China, memimpin upacara yang dahsyat ini. Selama tiga tahun ini mempersiapkan acara dan berjanji akan menyuguhkan kepada dunia sejarah 5.000 China dalam satu malam.

(a2s/arp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT