detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 08 Mei 2017 20:03 WIB

Ini Dua Sosok di Balik Sukses Pelita Jaya sebagai Juara IBL 2017

Mercy Raya - detikSport
Halaman 1 dari 3
Duet Fictor Gideon Roring dan Johannis Winar membawa Pelita Jaya juara IBL 2017.  Foto: Rengga Sancaya/detikSport Duet Fictor Gideon Roring dan Johannis Winar membawa Pelita Jaya juara IBL 2017. Foto: Rengga Sancaya/detikSport
Jakarta - Setelah menanti selama 26 tahun, Pelita Jaya akhirnya mengenyam kembali nikmatnya menjadi juara. Ada dua sosok penting dalam sukses Pelita Jaya. Siapa mereka?

Pelita Jaya sukses mengunci gelar juara Indonesia Basketball League (IBL) 2017 di Britama Arena, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (7/5/2017). Titel didapatkan pelita dengan menumbangkan tuan rumah, Satria Muda Pertamina, dengan skor 72-62.

Meski menjadi finalis dua musim terakhir, Pelita mengawali IBL 2017 ini dengan kurang meyakinkan. Mereka harus kehilangan pemain indovers Brandon Jawato. Dia tak dimainkan karena klub belum bisa memastikan status sebagai pemain Indonesia atau asing.

Selain itu, Pelita Jaya baru mulai beradaptasi dengan pelatih baru, Johannis Winar alias Ahang. Dia menggantikan Benjamin Alvarez Sipin yang dipecat sebagai buntut kekalahan Pelita Jaya pada partai final IBL 2016. Mereka dikalahkan CLS Knights kala itu. Dalam prosesnya, Benjamin juga disebut tidak ada kecocokan dengan pemain.

Kemudian posisi pelatih kepala digantikan Johannis Winar. Pelita Jaya tak mulus di seri pertama. Mereka kalah empat pertandingan.

Tak ingin makin terpuruk, manajemen Pelita Jaya melibatkan Fictor Gideon Roring yang tengah menganggur. Oleh Pelita Jaya, Ito didapuk sebagai sport director klub. Ito menjalankan tugas mulai seri V IBL 2017. Perubahan signifikan terjadi di Pelita Jaya hingga puncaknya menjadi juara IBL 2017.

Johannis Winar pun kembali berduet dengan Fictor Gideon Roring. Sebenarny duet itu bukan baru-baru amat. Mereka pernah sama-sama berpesan sebagai pelatih dan asisten di timnas basket SEA Games 2007 NakhonRatchasima.

Bagaimana penuturan mereka merespons tugas tersebut dan membuktikan sampai menjadi juara IBL 2017?


(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com