DetikSport
Selasa 09 Mei 2017, 15:20 WIB

Indonesia Ajukan Sebagai Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Basket 2023, Sanggupkah?

Mercy Raya - detikSport
Indonesia Ajukan Sebagai Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Basket 2023, Sanggupkah? Foto: Rengga Sancaya/detikSport
Jakarta - Fictor Gideon Roring menyambut positif rencana pemerintah untuk mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia Basket 2023. Dia mengingatkan agar Indonesia jangan hanya jadi penggembira.

Usulan itu dimunculkan dalam kongres federasi bola basket dunia (FIBA) di Hong Kong yang berlangsung pada Jumat (5/5/2017). Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA), Erick Thohir, menyebut Indonesia mengajukan diri sebagai tuan rumah bersama-sama dengan Filipina dan Jepang. Negara lain yang turut mencalonkan diri adalah Turki, Rusia, dan Uruguay bersama Argentina.

Mantan pemain dan pelatih timnas basket, Fictor, yang kini direktur olahraga Pelita Jaya mendukung rencana itu. Namun, agar tak malu di kemudian hari, baik sebagai tuan rumah ataupun peserta, pria yang akrab disapa Ito itu meminta agar persiapan digeber jauh-jauh hari.

"Ya saya sudah baca itu di facebook (jadi tuan rumah Piala Dunia 2023) keren banget kalau jadi. Kita mampu kok. Dari dana juga tidak ada masalah, " kata Fictor kepada detikSport, Senin (8/5/2017).

"Ya soal timnya memang agak sulit. Di Asia saja kita terseok-seok. Jadi harus ada program khusus untuk itu, organisasinya dipersiapkan, kemudian kita juga harus mencari diaspora (pemain keturunan Indonesia yang main di luar). Kalau itu semua dipersiapkan saya yakin bisa," imbuhnya.



(mcy/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed