detiksport
Follow detikSport
Jumat, 27 Jul 2018 16:28 WIB

Timnas Basket Filipina Mundur Dari Asian Games 2018

Femi Diah - detikSport
Foto: - Foto: -
Manila - Tim nasional basket putra Filipina mundur dari Asian Games 2018. Buntut dari Kualifikasi Kejuaraan Dunia.

Tinggal 22 hari menjelang pelaksanaan Asian Games 2018, federasi basket Filipina membuat keputusan mengejutkan. Mereka menyatakan mundur dari Asian Games, Jumat (27/7/2018).

Pengunduran diri itu diambil setelah sepuluh pemain Filipina, yang tergabung dalam Samahang Basketbol ng Pilipinas (SBP) dihukum oleh Federasi Bola Basket Internasional (FIBA). Sanksi juga diberikan kepada dua pelatihnya. Di antara pemain yanng dihukum terdapat pemain pilar timnas, Terrence Romeo, Troy Rosario, Jayson Castro dan Roger Pogoy.




Hukuman itu diberikan FIBA kepada Australia dan Filipina terlibat perkelahian saat bertanding di Bulacan pada 2 Juli pada Kualifikasi Piala Dunia Basket 2019. FIBA juga menghukum denda SBP, yang tampil dalam laga itu, senilai USD 250 ribu.

SBP mengatakan kalau timnas dan federasi basket Filipina membutuhkan waktu untuk membangun tim dan mengajukan banding kepada FIBA.

"Kami menyimpulkan, berdasarkan pertimbangan dan konsultasi dengan komunitas basket, dengan waktu yang tersisa maka kesempatan tampil di Asian Games 2018 tidak akan optimal." Begitulah pernyataan SBP seperti dikutip Reuters.

"Kami meminta maaf kepada panitia pelaksana Asian Games, kepada fans timnas Filipina dan komunitas basket Asia dengan pengunduran diri ini.

Berdasarkan undian basket Asian Games, Filipina berada pada Grup B bersama Iran, Suriah, dan Uni Emirat Arab. (fem/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed