detiksport
Follow detikSport
Sabtu, 28 Jul 2018 20:28 WIB

DBL 2018 Lanjut ke Seri Sumbar dan Kalsel

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Pertandingan DBL 2018 di seri Padang (dok.DBL Indonesia) Pertandingan DBL 2018 di seri Padang (dok.DBL Indonesia)
Padang - Rangkaian Liga Basket Pelajar atau Developmental Basketball League (DBL) sampai ke Sumatera Barat. Ajang tersebut langsung dibuka Gubernur dan Kapolda Sumbar.

Setelah dimulai di Surabaya pekan lalu, rangkaian pertandingan DBL 2018 mulai bergulir ke seluruh Indonesia. Untuk pekan ini, Sumbar berkesempatan menggelar laga perdananya di GOR Prayoga, Padang, Sabtu (27/7) kemarin.





Ribuan penonton berbondong-bondong datang mendukung tim kebanggaannya bertanding. Makin spesial karena Irwan Prayitno selaku Gubernur dan Irjen Pol Fakhrizal selaku Kapolda turut hadir untuk melakukan tip off serta membuka secara resmi DBL.

"DBL seri Sumatera Barat ini jadi salah satu ajang berkompetisi yang positif bagi pelajar di Sumbar. Saya berharap turnamen antar pelajar se-Sumatera Barat ini mampu memupuk bibit atlet nasional dari Sumbar," ujar Irwan dalam rilis kepada detikSport.

"Saya kaget melihat DBL. Saya baru pertama kali melihat turnamen ini dan antusiasme penontonnya luar biasa. Mungkin nanti saya buat juga Kapolda Cup untuk tingkat SMA di Sumbar ini," timpal Fakhrizal.

Dibalik kehebohan para pendukung, ternyata ada pertandingan ketat yang terjadi hari itu. Tim basket putri SMAN 12 melawan SMAN 4 terpaksa overtime. Di kuarter pertama kedua tim tertahan skor imbang 3-3.





Berlanjut ke kuarter kedua dan ketiga, SMAN 12 sempat memimpin pertandingan sebelum disamakan SMAN 4 di kuarter keempat dan tuntas dengan 9-9. Saat overtime, SMAN 12 mengunci kemenangan dengan skor 11-10 atas SMAN 4.


DBL 2018 Lanjut ke Seri Sumbar dan KalselFoto: dok.DBL Indonesia



Pada sektor putra, SMAN 12 juga meraih kemenangan dengan skor 19-11 atas SMK Dek Padang. Begitupula dengan tim basket putra SMAN 3 yang menang 40-12 atas SMAN 13. SMAN 7 kalah 19-26 dari SMAN 14.

Bersamaan dengan tip-off seri Sumbar, DBL juga dibuka di Kalimantan Selatan dan mengambil tempat di GOR Hasanudin, Banjarmasin. Achmad Noor Djaya selaku Kepala Dispora kota Banjarmasin memberi apresiasi atas terselenggaranya kompetisi basket bergengsi ini.

"Saya sangat mengapresiasi. Semoga dari kompetisi ini muncul pebasket handal dari Banua kita," tuturnya,.

Project officer DBL, Imam Hambali, senang acara berjalan lancar dan berharap kompetisi makin seru ke depannya.

"Dukungan Kepala Dispora kota Banjarmasin Achmad Noor Djaya, Ketua Perbasi kota Banjarmasin Achmad Maulana Faisal dan sekertaris umum KONI Kalsel Enly Hadiannor yang meluangkan waktu memberi suntikan semangat bagi seluruh peserta tahun ini," kata Imam.


(mrp/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed