detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 25 Jul 2019 19:24 WIB

Gelar Latihan Perdana bersama Timnas Basket, Toroman Asah Defense

Mercy Raya - detikSport
Timnas basket Indonesia menggelar latihan bersama pelatih baru, Rajko Toroman (Foto: Agung Pambudhy/detikSport) Timnas basket Indonesia menggelar latihan bersama pelatih baru, Rajko Toroman (Foto: Agung Pambudhy/detikSport)
Jakarta - Rajko Toroman secara resmi melatih timnas basket putra hari ini. Di hari pertama latihan, pelatih asal Serbia itu fokus membenahi pertahanan pemain.

Toro, panggilan karib Rajko Toroman, menggelar latihan di hall basket GBK Arena, Senayan, Kamis (25/7/2019), pada pukul 08:00 WIB sampai 11:00 WIB. Sebanyak 16 pemain ikut berlatih, 10 di antaranya adalah mereka yang masuk dalam seleksi pertama dan turun di William Jones Cup 2019.

Sementara itu, enam lainnya merupakan pemain baru. Mereka adalah Hardianus, Abraham Damar Grahita, Reza F. Guntara, Juan Laurent, David Liberty Nuban, dan Rivaldo Pangesthio.

"Hari ini kami berlatih defensive drill. Saya pikir timnas harus banyak kerja keras terutama di defensive dan offensive strategi. Mereka belum sampai grade (yang seharusnya) sehingga perlu berlatih lebih keras," kata Toroman.


Toro yang punya pengalaman dalam menangani tim-tim Eropa dan Asia --termasuk Timnas Iran, Filipina, dan Yordania-- sadar betul mengubah timnas basket Indonesia tak akan mudah. Proses yang dibutuhkan tak cuma satu atau dua bulan, melainkan bisa bertahun-tahun.

"Ya, ini akan menjadi tantangan besar untuk kami. Apalagi di depan ada SEA Games 2019 yang merupakan event penting, tapi ada gol yang lebih besar untuk tim, yakni meloloskan mereka di Kualifikasi FIBA Asia 2021 pada Februari 2020," kata pelatih berusia 64 tahun ini.

"Untuk itu, diperlukan peningkatan dari tim dari segala hal. Dimulai dari fundamental pemain sampai masalah defensif dan ofensif pemain," dia menjelaskan.

"Sejauh ini, mereka (para pemain) mau bekerja keras. Mereka juga punya banyak energi. Latihan pertama juga berjalan mereka bagus, tapi yang paling terbaik adalah mereka mau bekerja keras dulu. Sebab, di negara saya latihan adalah gambaran dari pertandingan. Jadi ketika kamu latihan keras, maka kami akan tampil keras di lapangan," Toro menambahkan.



Simak Video "Timnas Basket Perkasa di Laga Perdana Tes Event Asian Games"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com