detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 30 Jul 2019 13:48 WIB

Perbasi Panggil 28 Pemain untuk Seleksi Timnas Basket Tahap Kedua

Mercy Raya - detikSport
Seleksi basket tahap kedua dibuka. (Agung Pambudhy/detikSport) Seleksi basket tahap kedua dibuka. (Agung Pambudhy/detikSport)
Jakarta - Pengurus Pusat Persatuan Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) memanggil 28 pemain untuk seleksi tahap kedua menuju SEA Games dan Kualifikasi FIBA Asia 2020. Siapa saja?

Seleksi Timnas basket tahap pertama usai seiring penampilan skuat Merah Putih di William Jones Cup di Taipei 12-28 Juli. Perbasi melanjutkan dengan seleksi tahap kedua mulai 30 Juli hingga 1 Agustus di The Hawk Basketball, Expindo Center, Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan.

Seleksi Timnas basket tahap kedua itu itu tak memanggil 16 pebasket yang sebelumnya sudah mengikuti seleksi tahap pertama.


"Ada sekitar 28 pemain. Mereka banyak diambil dari klub-klub IBL dan klub yang sebelumnya main di ASEAN Basketball League (ABL), seperti Sandy Febiansyakh, ada juga Oki Wira (Stapac Jakarta)," kata Manajer Timnas basket putra, Maulana Fareza Tamrella, kepada pewarta, Selasa (30/7/2019).

Rencananya, dalam seleknas yang berlangsung tiga hari tersebut, pelatih asing Rajko Toroman bersama tiga asisten pelatihnya, Wahyu Widayat Jati, A.F Rinaldo, dan Johannis Winar, akan lebih dulu memberikan kepelatihan dasar, kemudian pemahaman offense, dan defense. Pada hari terakhir, Toro akan menggelar uji tanding antar mereka.

Namun, Toro tak akan langsung memilih siapa yang lolos. Toro akan menunggu hasil dari 16 pemain seleknas pertama yang mengikuti uji coba Elang Cup 2019. Turnamen basket se-Asia Tenggara itu akan berlangsung 7-13 Juli di Medan, Sumatera Utara.

"Jadi nanti semua akan dilihat, baik hasil dari show case ini, juga hasil dari Elang Cup. Totalnya kan ada 44 pemain (28 pemain ditambah 16 pemain) dan kami pilih 18 pemain terbaik yang lolos masuk pelatnas kerangka kedua," Reza menjelaskan.

"Ini baru promosi degradasi kedua, nanti akan ada lagi sampai ujungnya ada 12 pemain terbaik yang kami kirim ke SEA Games dan kualifikasi FIBA Asia 2020 Februari mendatang," dia menambahkan.



Perbasi Panggil 28 Pemain untuk Seleksi Timnas Basket Tahap Kedua


Simak Video "Menpora Boyong Pemenang Piala Presiden eSports ke Pelatnas SEA Games"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
NEWS FEED