detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 12 Okt 2019 01:21 WIB

Manajer Timnas Akui Tak Ada Tes Psikologis untuk Denzel Bowles

Mercy Raya - detikSport
PP Perbasi memutuskan untuk memulangkan Denzel Bowles (Foto: Mercy Raya / detiksport) PP Perbasi memutuskan untuk memulangkan Denzel Bowles (Foto: Mercy Raya / detiksport)
Jakarta - PP Perbasi memulangkan pemain asingnya, Denzel Bowles, ke Amerika Serikat karena kesehatan mental. Dalam proses perekrutannya, Bowles memang tak melewati psikotes.

Bowles merupakan pemain asal Amerika Serikat yang akan dinaturalisasi Perbasi agar bisa dimainkan di SEA Games 2019 Filipina dan Kualifikasi FIBA Asia 2021. Bowles pun sudah gabung latihan sejak 17 September dan dibawa ke turnamen Internasional Hualien Kwen Fu berlangsung 23-30 September 2019.

Namun Bowles pada akhirnya dipulangkan ke AS. Selama mengikuti latihan bersama timnas basket sejak 17 September, Bowles menunjukkan gangguan bipolar.


Bagaimana proses perekrutan Bowles sehingga kondisi mentalnya bisa luput? Perbasi melalui manajer timnas basket, Maulana Fareza Tamrella, menyebut kalau Bowles sudah melewati tes kesehatan. Namun, memang tidak tidak ada tes psikologis yang dilakukan.

"Kalau tes kesehatan pasti ada tapi kalau tes mental gimana caranya. Masa saya harus tanya, apakah kamu gila? Enggak ada juga. Lagipula kejadian Bowles itu satu jutaan orang," kata Fareza kepada detikSport, dalam sambungan telepon Jumat (11/10/2019).

"Jadi jika ditanya cara mengatasinya? Ya gimana ya. Mau masukin dukun atau orang pintar. Tes psikolog bisa saja. Tapi di saat mereka tak bisa adaptasi itu yang susah. Kan beda budaya, home sick. Itu yang perlu kami dipertimbangkan," dia menjelaskan.

"Intinya, kami urusan Bowles sudah tutup buku dan move on. Saat ini kami sedang mencari pemain yang baru lagi. Ini ada beberapa kandidat dan kebanyakan dari Amerika Serikat," ujar dia.



Simak Video "Timnas Basket Perkasa di Laga Perdana Tes Event Asian Games"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com